Kompas TV internasional kompas dunia

Asrama Terbakar di Selandia Baru, Sedikitnya Enam Orang Tewas

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 07:03 WIB
asrama-terbakar-di-selandia-baru-sedikitnya-enam-orang-tewas
Sebuah asrama bernama Loafers Lodge terbakar pada Selasa (16/5/2023) dini hari di Wellington, Selandia Baru. Hingga kini sedikitnya enam orang tewas, namun korban diperkirakan masih akan bertambah. (Sumber: stuff.co.nz)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

WELLINGTON, KOMPAS.TV – Kebakaran besar terjadi pada tengah malam di sebuah asrama di Wellington, Selandia Baru, Selasa (16/5/2023). Asrama itu merupakan bangunan lantai empat yang memiliki 92 kamar. Sedikitnya enam orang tewas dalam peristiwa ini.

Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins mengatakan dia mengetahui bahwa enam orang telah dipastikan tewas dalam kebakaran di Wellington, namun korban tewas kemungkinan masih akan bertambah. 

Polisi mengatakan mereka belum memiliki jumlah pasti dari korban yang tewas, meskipun diperkirakan maksimal jumlah korban tewas tidak mencapai 10 orang.

Layanan darurat dipanggil ke asrama Loafers Lodge sekitar pukul 12:30 Selasa dini hari.

Baca Juga: Kebakaran Rumah di Kramatjati Jakarta Timur, Penghuni Lansia Meninggal Dunia Akibat Terjebak

Manajer Distrik Kebakaran dan Darurat Wellington, Nick Pyatt, mengatakan 52 orang telah ditemukan dalam keadaan selamat, tetapi sejumlah orang lainnya masih belum ditemukan.

“Dengan sedih saya dapat melaporkan bahwa ini akan menjadi insiden multi-kematian. Pikiran kami saat ini bersama keluarga mereka yang telah tewas dan dengan kru kami yang dengan gagah berani menyelamatkan korban semampu mereka dan berusaha menolong korban yang tidak selamat,” kata Pyatt seperti dikutip dari The Associated Press.

“Ini adalah mimpi terburuk kami,” kata Pyatt. “Tidak ada yang lebih buruk dari ini,” ujarnya.

Polisi mengatakan penyebab kebakaran masih belum dapat dijelaskan, dan mereka masih akan menyelidiki penyebab kebakaran.

Baca Juga: Kencangnya Angin Sulitkan Damkar saat Tangani Kebakaran 10 Rumah di Kolaka Sulteng!

Loafers Lodge mengiklankan dirinya sebagai tempat yang terjangkau bagi orang-orang untuk menginap selama mereka berada di ibu kota Selandia Baru, baik untuk urusan bisnis atau untuk mengunjungi Rumah Sakit Wellington. 

Penginapan ini dekat dengan Rumah Sakit Wellington yang merupakan rumah sakit besar dan menjadi rujukan bagi fasilitas kesehatan lainnya di Selandia Baru.

Beberapa media lokal menyatakan bahwa peristiwa ini merupakan kebakaran terburuk dalam satu dekade terakhir yang terjadi di Wellington.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x