Kompas TV ekonomi keuangan

Beli Tiket Konser Coldplay Pakai Dana Darurat Boleh Enggak Sih? Ini Kata Perencana Keuangan

Kompas.tv - 15 Mei 2023, 09:40 WIB
beli-tiket-konser-coldplay-pakai-dana-darurat-boleh-enggak-sih-ini-kata-perencana-keuangan
Ilustrasi konser Coldplay. Perencana keuangan Prita Ghozie mengatakan, sebaiknya jangan menggunakan dana daruta untuk membeli tiket konser Coldplay. (Sumber: Rick Scuteri/Invision/AP)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Coldplay akhirnya mengumumkan akan konser di Indonesia pada November 2023 mendatang. Pengumuman konser Coldplay ini menimbulkan kehebohan, karena merupakan pertama kalinya band asal Inggris itu akan konser di Indonesia selama hampir 25 tahun Coldplay berkarya.

Apalagi, setelah pengumuman konser Coldplay keluar tak lama berselang diumumkan juga jadwal penjualan tiket pada 17-18 Mei dengan harga mulai dari Rp800.000 hingga Rp11 juta. Harga tiket konser Coldplay ini lantas memunculkan reaksi warganet yang kebingungan mencari uang dalam waktu cepat agar bisa membeli tiket. Ada yang ingin membongkar tabungan, berutang, hingga menggunakan dana darurat.

Padahal dana darurat seharusnya hanya digunakan untuk kejadian tak terduga. Namun, banyak yang menilai konser Coldplay di Indonesia adalah juga kejadian tak terduga sehingga sah-sah saja memakai dana darurat.

Lantas, apa boleh beli tiket konser Coldpay menggunakan dana darurat? Perencana keuangan sekaligus CEO Zap Finance Prita Ghozie menilai, nonton konser, pergi travelling, atau sekadar mencoba kuliner mahal adalah aktivitas membeli pengalaman.

Baca Juga: Apa Itu Dana Darurat dan Perbedaanya dengan Tabungan?

Ia mengatakan, dalam sebuah penelitian di Universitas Cornell, ditemukan bahwa membeli sebuah pengalaman cenderung lebih meningkatkan kesejahteraan daripada membeli barang-barang material.

Selain itu, objek cenderung memburuk seiring berjalannya waktu, tetapi pengalaman dapat menciptakan kenangan abadi.

Maka, kenikmatan yang dibeli untuk mendapat pengalaman juga memiliki koneksi terhadap hubungan sosial yang bisa membuat seseorang lebih bahagia.

“Apalagi, jika koneksi ini berhubungan dengan nostalgia masa lalu zaman kuliah, zaman pacaran, atau putus cinta,” kata Prita seperti dikutip dari Instagramnya, ditulis Senin (15/5/2023).

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Freelancer Agar Bisa Punya Dana Darurat dan Investasi

Namun, ia menekankan penggemar Coldplay harus memahami kalimat “selama ada duitnya” untuk membeli tiket konser.

Menurutnya, idealnya harga tiket sesuai kemampuan finansial adalah 20 persen dari penghasilan sebulan untuk gaji di atas Rp15juta.


 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.