Kompas TV nasional peristiwa

Ketika KSAD Jenderal Dudung Terjun Langsung Yakinkan Prajurit TNI AD Siap Tugas Operasi di Papua

Kompas.tv - 13 Mei 2023, 05:55 WIB
ketika-ksad-jenderal-dudung-terjun-langsung-yakinkan-prajurit-tni-ad-siap-tugas-operasi-di-papua
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman diangkat oleh prajurit sambil menyerukan yel-yel saat dia meninjau latihan pratugas di Jawa Barat, Jumat (12/5/2023). (Sumber: Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman terjun langsung menemui prajurit TNI Angkatan Darat (AD) yang akan diberangkatkan ke Papua.

Hal itu dilakukan demi meyakinkan seluruh prajurit TNI AD yang ditugaskan, bahwa mereka siap menjalankan tugas di daerah operasi.

Baca Juga: KSAD Jenderal Dudung Peringatkan Anggota TNI AD yang Diberangkatkan ke Papua Jangan Langgar Aturan

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Hamim Tohari mengatakan, KSAD Jenderal Dudung selaku pembina kekuatan TNI AD ingin memastikan pasukannya sudah siap.

Itu baik dari latihan-latihan hingga perlengkapan yang akan mereka gunakan selama menjalankan tugas di Papua.

“Kegiatan Bapak KSAD melihat batalyon-batalyon yang akan berangkat operasi (ke Papua) itu dalam rangka mengecek kesiapan,” kata Brigjen Hamim dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (12/5/2023). 

“Ini yang mengirim dari Panglima TNI untuk melaksanakan tugas operasi, tetapi Bapak KSAD selaku pembina kekuatan Angkatan Darat, meyakinkan pasukannya sudah siap, baik secara latihannya kemudian perlengkapan yang akan digunakan, dan mereka diyakinkan siap untuk diberangkatkan.”

Pengecekan ke markas satuan-satuan tempur TNI AD itu juga sengaja dilakukan oleh KSAD Jenderal Dudung untuk evaluasi secara langsung.

Baca Juga: Sempat Ajukan Negosiasi KKB Malah Serang Prajurit TNI, Susi: Itu Tindakan Tidak Manusiawi

“KSAD ingin meyakinkan pasukan yang akan berangkat benar-benar siap, termasuk juga evaluasi apa yang sudah terjadi supaya itu tidak terjadi lagi,” kata Kadispenad.

Adapun Kepala Staf TNI AD bersama Wakil KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto beserta jajarannya dari Kostrad dan pejabat utama Mabes TNI AD, sejak bulan lalu berkeliling ke markas-markas satuan untuk memeriksa kesiapan prajurit yang akan diberangkatkan ke Papua.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x