Kompas TV kolom opini

Info Langsung dari FHCI, Ini Tips Jitu Bisa Lulus Rekrutmen Bersama BUMN

Kompas.tv - 11 Mei 2023, 13:37 WIB
info-langsung-dari-fhci-ini-tips-jitu-bisa-lulus-rekrutmen-bersama-bumn
Bagi anda yang ingin berkarir di BUMN, sekaranglah saatnya untuk mendaftar di Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023. Namun, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat mendaftar dan mengerjakan tes seleksi RBB. (Sumber: FHCI BUMN)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi Anda yang bercita-cita bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), ada kabar gembira. Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN sudah dibuka pada Kamis, 11 Mei 2023. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjadi bagian dari perusahaan milik negara.

Rekrutmen ini mencakup beberapa tahapan, mulai dari seleksi administrasi, Tes Kemampuan Dasar (TKD), dan AKHLAK, tes bahasa Inggris, serta tes oleh BUMN yang dituju.

Untuk membantu Anda sukses dalam proses rekrutmen ini, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN telah membagikan beberapa tips melalui Instagram mereka di @fhci.bumn.

5 Tips Lolos Rekrutmen BUMN 2023

Berikut lima tips lolos rekrutmen BUMN yang disampaikan oleh FHCI.

Baca Juga: Tips Mendaftar dan Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN Agar Tidak Di-blacklist

Menyiapkan Kelengkapan Dokumen dengan Detail

Anda harus teliti dalam mempersiapkan dan mengunggah dokumen. Pastikan semua dokumen lengkap dan tidak salah unggah. Selain itu, data penting seperti email dan nomor HP harus diinput dengan benar agar tidak ada informasi yang terlewat.


 

Mengenali Perusahaan yang Dituju

Sebelum melamar, alangkah baiknya jika Anda mengenali latar belakang dan pencapaian perusahaan. Hal ini bisa meyakinkan rekruter bahwa Anda serius dan paham tentang perusahaan tersebut.

Mempelajari Kemampuan dan Kelemahan Diri

Dengan memahami kemampuan dan kelemahan diri, Anda akan lebih mudah mempersiapkan diri dan rekruter juga akan lebih mudah menempatkan Anda di posisi yang paling sesuai.

Baca Juga: Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka Hari Ini! Cek Info Pendaftaran, Tahapan Seleksi hingga Penilaian

Mempersiapkan Diri untuk Wawancara

Pastikan Anda memahami isi CV Anda dan dapat menjelaskan alasan melamar posisi yang dituju. Datang tepat waktu dan berpakaian rapi juga penting.

Berdoa

Lakukan semua hal yang telah disebutkan di atas dengan terbaik. Jangan lupa untuk terus agar kelancaran proses rekrutmen dijabahkan.

Dokumen yang Diperlukan untuk Daftar Rekrutmen Bersama BUMN

Berikut adalah beberapa dokumen yang diperlukan untuk mendaftar Rekrutmen Bersama BUMN 2023, seperti yang disampaikan oleh FHCI BUMN melalui akun Instagram mereka, @fhci.bumn.

Baca Juga: Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka Besok, Simak Dulu Kisaran Gaji Pegawai Pertamina, KAI hingga PLN

  • Data diri seperti kartu tanda penduduk (KTP)
  • Dokumen pendidikan seperti ijazah dan transkrip nilai
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  • Sertifikat kompetensi
  • Sertifikat prestasi
  • Sertifikat kemampuan bahasa Inggris
  • Surat rekomendasi
  • dan lainnya.


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x