Kompas TV TALKSHOW satu meja

Demokrasi di Antara Voice dan Noise - SATU MEJA (1)

Kompas.tv - 9 Februari 2019, 03:01 WIB
Penulis : D I M

Wajah demokrasi di tahun politik lebih banyak diisi hal-hal yang tak perlu, marak sensasi, miskin substansi, dan saling tuding tak berkesudahan. “Noise” yang memenuhi ruang publik membuat masyarakat terpolarisasi dan apatis terhadap politik yang pada akhirnya akan mendegradasi demokrasi itu sendiri.

Di sisi lain, korupsi mengubah idealisme dan antusiasme menjadi sebuah sinisme. Bangsa ini telah menyaksikan berbagai noise dalam pemberantasan korupsi. Mulai dari kriminalisasi pimpinan KPK, wacana revisi UU KPK, hak angket, hingga teror terhadap pimpinan dan personel KPK yang tak berkesudahan. Korupsi pada akhirnya akan menghancurkan demokrasi.

Pada titik inilah “voice” diperlukan. Voice yang dapat membangkitkan kembali akal sehat. Voice yang terus mengajak masyarakat untuk selalu waras dalam menyikapi situasi dan tantangan yang hidup di masyarakat. Voice berupa niat dan kesungguhan dalam pemberantasan korupsi yang tak terkooptasi.

#SatuMeja



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.