Kompas TV regional bali nusa tenggara

Tim Modifikasi Cuaca Mulai Bekerja Cegah Hujan di Acara Gala Dinner KTT ASEAN 2023

Kompas.tv - 10 Mei 2023, 05:10 WIB
tim-modifikasi-cuaca-mulai-bekerja-cegah-hujan-di-acara-gala-dinner-ktt-asean-2023
Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko memastikan pihaknya tidak pernah mengajukan permohonan sumbangan atas nama KSP. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

LABUAN BAJO, KOMPAS.TV - Tim modifikasi cuaca telah dipersiapkan untuk kelancaran acara KTT ASEAN ke-42 tahun 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. 

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menjelaskan, modifikasi cuaca ini penting lantaran akan ada acara jamuan makan malam atau gala dinner kepala negara di ruang terbuka, seperti KTT G20 di Bali, November 2022 lalu.

"Ini nanti ancaman kita di dinner, karena tempatnya terbuka, kalau hujan pasti repot semua," ujar Moeldoko di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023), dikutip dari Antara.      

Moeldoko menambahkan, tim modifikasi cuaca ini berkaca dari pengalaman KTT G20 di Bali, yakni berbasis sains dan teknologi dengan melibatkan BMKG, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan TNI AU.

Baca Juga: Momen Hangat Presiden Jokowi Sambut Delegasi KTT ASEAN Ke-42 di Labuan Bajo!

"Dari TNI AU menyiapkan pesawatnya untuk ngebom awan-awan. Kalau dari udara yang mau mendekat ke sini, awannya tebal, nanti disiram dengan garam supaya segera cair," ujar Moeldoko.

Selain itu, ada juga peran dari pawang hujan sebagai bagian dari kearifan lokal. 

Moeldoko menjelaskan, pihaknya telah meminta koordinator pengamanan KTT ASEAN dari kepolisian untuk mengamankan kegiatan pawang hujan untuk kepentingan KTT ASEAN 2023.

"Saya enggak spesifik sebut Mbak Rara, tapi tadi saya sudah koordinasi dengan kepala koordinator pengamanan KTT ASEAN dari kepolisian, di antaranya kita juga mengantisipasi, local wisdom (pawang hujan) seperti itu. Kalau memang itu bermanfaat untuk kepentingan kita, kenapa nggak, kan," ujar Moeldoko. 

Baca Juga: Menengok Hotel Terapung KM Sinabung, Tempat Delegasi KTT ASEAN Ke-42 Menginap di Labuan Bajo!

Adapun rangkaian KTT ke-42 ASEAN 2023 dimulai Senin (8/5/2023) hingga Kamis (11/5/2023). Agenda pertama dari rangkaian acara KTT ASEAN yakni pertemuan Pejabat Senior ASEAN (ASEAN Senior Officials' Meeting/SOM). 

Pertemuan pertama ini berlangsung di The Golo Mori Convention Center di Kecamatan Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Agenda Selasa (9/5/2023) yakni pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN, pertemuan Dewan Komunitas Politik-Keamanan ASEAN (APSC) ke-26 dan pertemuan Dewan Koordinasi ASEAN (ACC) ke-33.

Pawang Hujan di KTT ASEAN 2023

Rara Istiati Wulandari atau yang akrab disapa Mbak Rara tampak hadir di Labuan Bajo, lokasi perhelatan KTT ASEAN 2023.

Mbak Rara sempat viral saat gelaran motoGP Mandalika, beberapa waktu lalu karena aksinya disebut sebagai pawang hujan. 



Sumber : Kompas TVAntara/Pos-Kupang.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x