Kompas TV nasional peristiwa

Waspada Cuaca Ekstrem, BMKG Ungkap Daftar Wilayah yang Berpotensi Hujan Hari Ini

Kompas.tv - 8 Mei 2023, 07:50 WIB
waspada-cuaca-ekstrem-bmkg-ungkap-daftar-wilayah-yang-berpotensi-hujan-hari-ini
Ilustrasi hujan. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan mayoritas kota besar di Indonesia berpotensi mengalami hujan pada Senin (8/5/2023).

BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Pulau Sumatra, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, serta Papua.

Pada Pulau Sumatra, hujan dengan intensitas ringan terdapat di kota Jambi, Palembang, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang dan Bandar Lampung.

Di Pekanbaru diprakirakan berkabut, dan perlu diwaspadai di Kota Padang, Aceh Medan serta Bengkulu diprakirakan hujan disertai kilat dan petir.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Jadi Tantangan Utama Timnas Bulu Tangkis Indonesia di SEA Games 2023

Sementara di Pulau Jawa, diprakirakan cerah berawan hingga berawan untuk Surabaya dan Semarang.

Kemudian hujan dengan intensitas ringan terdapat di Kota Jogjakarta dan Serang. Hujan intensitas sedang diprakirakan terdapat di Jakarta dan kota Bandung.

Pada wilayah Bali dan Nusa Tenggara, diprakirakan cerah berawan hingga berawan di Kota Kupang dan Mataram. Di Denpasar diprakirakan hujan dengan intensitas ringan.

Baca Juga: BMKG Prediksi Suhu Panas Ekstrem di Indonesia Akan Bertahan hingga Oktober

Bergeser ke Pulau Kalimantan, diprakirakan berkabut bagi warga di Kota Pontianak, kemudian hujan dengan intensitas ringan terdapat di Kota Palangkaraya dan Tanjung Selor.

Perlu diwaspadai hujan disertai kilat dan petir di Kota Banjarmasin dan Samarinda.


Selanjutnya, wilayah Sulawesi diprakirakan hujan dengan intensitas ringan terdapat di Kota Palu, Gorontalo dan Kendari. Di Kota Makassar diprakirakan hujan dengan intensitas sedang.

Perlu diwaspadai hujan dengan intensitas lebat terdapat di Kota Mamuju. Sementara Kota Manado, perlu diwaspadai hujan disertai kilat dan petir.

Diprakirakan hujan dengan intensitas ringan terdapat di Kota Manokwari dan Jayapura. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang terdapat di Kota Ambon dan Ternate.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x