Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pengakuan Sopir Bus yang Masuk Jurang di Guci Tegal: Saya di Belakang, Lagi Ngobrol sama Panitia

Kompas.tv - 7 Mei 2023, 14:42 WIB
pengakuan-sopir-bus-yang-masuk-jurang-di-guci-tegal-saya-di-belakang-lagi-ngobrol-sama-panitia
Romyani, sopir bus rombongan ziarah dari Kota Tanggerang yang jatuh ke sungai di area objek wisata Guci di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023). (Sumber: Tribun Jateng/Fajar Bahrudin)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

TEGAL, KOMPAS.TV - Romyani (55), sopir bus Duta Wisata yang jatuh ke jurang dengan dasar sungai di kawasan objek wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023), memberikan kesaksiannya mengenai insiden tersebut.

Romyani bercerita, dia sedang berada di belakang bus ketika bus merah itu terjun bebas ke jurang dengan ketinggian 15 meter. Saat itu, mobil sedang dipanaskan dan Romyani baru saja selesai mandi.

“Saya di belakang mobil, habis mandi, saya salin (ganti baju), itu kan mau berangkat. Saya ngobrol sama panitia,” ungkap Romyani, Minggu, seperti dikutip dari Tribun Jateng.

Baca Juga: Polres Slawi Evakuasi Belasan Korban Bus Terperosok ke Sungai di Guci Tegal Jawa Tengah

Dia mengaku kaget saat mendapati bus rombongan jemaah asal Kota Tangerang Selatan itu berjalan sendiri. Pasalnya, dia mengaku sudah memasang rem tangan dan memberikan ganjalan pada ban bus.

“Saya kaget, saya bengong,” tutur dia.

Romyani sendiri tak tahu pasti berapa jumlah peziarah yang sudah masuk ke mobil. Yang pasti, saat itu mobil belum dalam keadaan penuh.

Diberitakan sebelumnya, bus yang membawa rombongan ziarah asal Tangerang terjun bebas ke sungai di Guci, Tegal. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 08.30 WIB.

Rombongan peziarah tersebut tengah melakukan perjalanan menuju Cirebon, Pemalang, Guci Tegal, dan Pekalongan.

Baca Juga: Kesaksian Pedagang di Obyek Wisata Guci Tegal: Tak Ada Sopir di Bus yang Terperosok ke Sungai

Sebelum kejadian, rombongan bermalam di sebuah vila di kawasan Guci. Paginya, saat persiapan keberangkatan, bus justru mengalami kecelakaan.

Kepala Disporapar Kabupaten Tegal Ahmad Uwes Qoroni mengatakan insiden tersebut terjadi saat mobil dalam keadaan terparkir. 

"Jadi posisi bus saat itu sedang parkir, kemungkinan ada kesalahan teknis dari pengemudi sampai akhirnya bus melaju sendiri ke bawah, tidak terkendali sampai masuk ke sungai yang posisinya dekat dengan area parkiran," ungkap Uwes, Minggu.

Baca Juga: Teriak Histeris Warga yang Panik Saksikan Detik-detik Bus Jatuh ke Sungai di Obyek Wisata Guci Tegal

Saat ini, sebanyak 33 penumpang telah dievakuasi. Sebagian di antaranya telah dilarikan ke RSUD dr Soeselo Slawi dan Puskesmas Bumijawa.


 



Sumber : Tribun Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x