Kompas TV nasional peristiwa

Berita Populer 6 Mei 2023: Penobatan Raja Charles III, Anies Bertemu Buruh, Ganjar di Surabaya

Kompas.tv - 7 Mei 2023, 05:00 WIB
berita-populer-6-mei-2023-penobatan-raja-charles-iii-anies-bertemu-buruh-ganjar-di-surabaya
Raja Inggris, Charles III, meninggalkan Westminster Abbey setelah upacara penobatan di London, Sabtu, 6 Mei 2023. (Sumber: AP Photo/Alessandra Tarantino)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut tiga berita terpopuler pada Sabtu, 6 Mei 2023 kemarin: 

1. Penobatan Raja Charles III

Raja Charles III resmi dinobatkan sebagai raja Inggris menggantikan mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II pada Sabtu (6/5/2023) dalam upacara yang digelar di Westminster Abbey, London. 

Charles secara otomatis naik takhta setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022. Ia secara resmi dinobatkan sebagai Raja Inggris dua hari kemudian dalam upacara naik takhta yang disiarkan untuk pertama kalinya di televisi.

Sejatinya tidak ada persyaratan hukum untuk upacara penobatan, apalagi monarki Eropa lainnya telah menghilangkan upacara ini. Namun, acara yang sangat religius dan penuh dengan atribut ini adalah konfirmasi yang lebih formal atas peran Charles sebagai kepala negara dan kepala gereja Inggris dan dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa otoritas raja berasal dari Tuhan.

Selama upacara yang dipimpin oleh pemimpin spiritual gereja, yaitu Uskup Agung Canterbury, Charles akan diurapi dengan minyak, menerima simbol-simbol tradisional raja, termasuk bola dunia dan tongkat kerajaan, dan mahkota St Edwards akan ditempatkan di atas kepalanya untuk pertama kalinya. 

Baca Juga: Prosesi Penobatan Raja Charles III, Resmi Jadi Raja Inggris Gantikan Ratu Elizabeth II

2. Anies Bertemu Buruh

Bakal Calon Presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan temui kelompok buruh di kantor DPP PKS, Jakarta.

Para buruh sampaikan harapan perbaikan nasib dan ketenagakerjaan pada Anies.

Anies disambut Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nurwahid.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x