Kompas TV regional kalimantan

Panen Raya Singkong di Banjarbaru, Pokmas Raup Omzet Puluhan Juta Rupiah

Kompas.tv - 5 Mei 2023, 09:03 WIB
panen-raya-singkong-di-banjarbaru-pokmas-raup-omzet-puluhan-juta-rupiah
Wali Kota Banjarbaru Aditya saat mencabut singkong bersama forkopimda Banjarbaru (Sumber: NC Kompas TV Banjarmasin )

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Dengan modal 75 juta rupiah yang didapatkan dari program RT mandiri, Kelompok Masyarakat Sejahtera dapat menghasilkan omzet 90 juta rupiah dari hasil panen raya ubi jalar atau singkong di lahan seluas 2 hektar di Kelurahan sungai ulin.

Dikatakan oleh Ketua Pokmas Ubi Jalar, Dani, yang di panen dari lahan seluas 2 hektare ini bisa menghasilkan 36.000 kilogram.

Baca Juga: Kawasan Wisata Kuliner Kampung Purun Ramai Pengunjung Sepanjang Libur Lebaran

Total terdapat 18.000 batang yang ditanam dengan hasil sekitar 2 kilogram perbatang, dengan jumlah ini kelompok masyarakat sejahtera mendapatkan omzet sekitar Rp.90 juta.

Pokmas Sejahtera yang berada di Jalan Seledri Kelurahan Sungai Ulin ini mulai mengelola kebun ubi jalar sejak Oktober tahun 2022, meski terhitung masih baru namun hasil panen raya pada 4 Mei 2023 ini disebutka Dani ketua Pokmas Sejahtera sudah habis dipesan oleh pengepul untuk diolah menjadi keripik singkong dan tapai. 

“Hasil panen raya ini sudah ada pengepul yang beli ini mereka sambil mencabut di belakang, memang kita prioritaskan untuk tapai,” katanya.

Baca Juga: Wisata Susur Sungai ke Jembatan Gantung Pulau Bromo, Nikmati Senja di Atas Sungai Menunggu Berbuka

Sementara, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin memberikan apresiasi kepada Pokmas Sejahtera dalam mengelola Program RT Mandiri, program RT mandiri selain untuk menyejahterakan masyarakat, juga memiliki tujuan agar Kota Banjarbaru dapat berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) dan swasembada kebutuhan pokok serta yang paling penting dapat menekan angka inflasi di Kota berjuluk Idaman. 

“Tandanya, program RT Mandiri sudah menampakkan hasil bagi masyarakat,” sebutnya.

Penerima program RT Mandiri terus dibina dan diawasi oleh Pemerintah Kota Banjarbaru, sejumlah inovasi juga telah disiapkan Pokmas untuk menghasilkan produk unggul dari Banjarbaru.

Program RT mandiri ini juga berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Banjarbaru.

“Manfaat program ini sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi kita, mencapai 7,93 persen,” ungkapnya.

Melihat hasil yang terlihat Pemerintah Kota Banjarbaru berkomitmen untuk menambah 60 RT setiap tahun yang akan melaksanakan program RT Mandiri, dengan besaran bantuan setiap RT sebesar 75 Juta Rupiah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x