Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia Disebut Jadi Calon Lawan Argentina di FIFA Matchday Bulan Juni

Kompas.tv - 3 Mei 2023, 12:45 WIB
timnas-indonesia-disebut-jadi-calon-lawan-argentina-di-fifa-matchday-bulan-juni
Pemain Argentina merayakan gol setelah Lionel Messi mencetak gol melalui titik putih di laga final Piala Dunia 2022 melawan Prancis di Stadion Lusail Iconic, Qatar, Minggu (18/12/2022). (Sumber: AP Photo/Manu Fernandez)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia disebut menjadi salah satu calon lawan Argentina pada laga persahabatan yang akan digelar pada FIFA Matchday bulan Juni 2023.

Menurut laporan dari media berbahasa Spanyol, Relevo, Rabu (3/5/2023), La Albiceleste dijadwalkan bakal melakoni dua pertandingan persahabatan di benua Asia pada bulan Juni mendatang.

FIFA Matchday bulan Juni tersebut merupakan kalender terakhir bagi Argentina untuk melakoni pertandingan persahabatan sebelum tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Relevo menyebut, jadwal tersebut akan dimanfaatkan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) untuk memperluas pasar Timnas Argentina di Asia.

Selain itu, keberhasilan Lionel Messi dkk menjadi juara Piala Dunia 2022, juga bakal dimaksimalkan untuk meningkatkan nilai jual.

Dengan bermain di Asia, AFA bisa meraup keuntungan secara ekonomi. Apalagi situasi keuangan di negara tersebut juga sedang dalam posisi yang tidak baik.

Dua negara pun disebut menjadi calon lawan terdepan Timnas Argentina yakni China dan Indonesia.

Baca Juga: Erick Thohir Bermimpi Timnas Indonesia Punya Karakter Bermain

Sejauh ini, kedua negara tersebut baru mengumumkan satu lawan di FIFA Matchday bulan Juni yakni sama-sama akan menghadapi Palestina.

Dengan aturan FIFA yang menyarankan untuk melakukan pertandingan persahabatan di dua negara yang jaraknya tidak lebih dari lima jam penerbangan, China dan Indonesia pun menjadi pilihan terbaik Argentina.

Australia juga disebut menjadi calon lawan apabila Argentina menginginkan lawan yang lebih kuat. Namun, laga melawan Socceroos kemungkinan besar harus digelar di Asia jika ingin terlaksana.

Jepang dan Korea Selatan pun menjadi opsi lain bagi Timnas Argentina. Meski kedua negara sudah mengumumkan calon lawan di FIFA Matchday bulan Juni yaitu El Salvador dan Peru, sumber dari AFA menyebut jadwal pertandingan-pertandingan itu bisa diubah apabila Argentina menerima tawaran yang diberikan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x