Kompas TV entertainment selebriti

Sepi Job Jadi Alasan Pemeran Ikal "Laskar Pelangi" Lakukan Penipuan via MiChat

Kompas.tv - 3 Mei 2023, 08:30 WIB
sepi-job-jadi-alasan-pemeran-ikal-laskar-pelangi-lakukan-penipuan-via-michat
Zulfani Pasha, pemeran Ikal Laskar Pelangi, istrinya, PA dan rekannya A ditetapkan sebagai tersangka penipuan dan penyalahgunaan sajam (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

BANGKA BELITUNG, KOMPAS.TV - Faktor ekonomi menjadi alasan Zulfani Pasha, pemeran Ikal di film "Laskar Pelangi" melakukan tindak penipuan bersama istrinya, AP

Zulfani diduga menipu karena disebut tidak memiliki pemasukan untuk dibelikan oleh-oleh saat ke rumah mertua.

"(Motif) sedang tidak ada pekerjaan, ingin ke rumah mertua, tapi tidak punya apa-apa. Jadi berinisiatif melakukan tindakan penipuan tersebut," kata Kepala Satuan Reserse Polres Belitung Timur AKP Wawan Suryadinata, dikutip dari Sapa Pagi Kompas TV, Rabu (3/5/2023).

Kepada polisi, Zulfani mengaku baru terpikir untuk melakukan penipuan tersebut saat dalam perjalanan ke rumah mertua.

Baca Juga: Zulfani Pasha Pemeran Ikal di Film Laskar Pelangi dan Istrinya Ditetapkan Tersangka Penipuan MiChat

"Yang bersangkutan dari Tanjung Pandang merencanakan tapi seketika sesampainya di Genting Apit baru terpikir tidak ada barang yang dibawa kemudian tidak ada penghasilan, yang bersangkutan berinisiatif mencari uang untuk diberikan bingkisan ataupun jajanan atau oleh-oleh kepada keluarga," ungkap Wawan.

Minta Maaf

Setelah ditetapkan sebagai terrsangka, Zulfani mengaku bersalah atas tindakannya tersebut. Ia pun mengucapkan permohonan maaf.

"Demi apapun kami bersalah, tapi tidak ada kami berniat kejahatan. Kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat Belitung dan Indonesia atas tindakan kami. Kami mengaku bersalah," ucap Zulfani.

ZP menyebut dirinya tidak berniat membawa senjata tajam untuk melakukan kejahatan. Menurutnya, samurai itu dimiliki oleh temannya yang kebetulan berada di mobil yang ia tumpangi.

Saat itu, lanjut ZP, ia mengeluarkan samurai hanya untuk supaya pengejarnya berhenti mengejar mereka.

Terkait motif dugaan penipuan MiChat, ZP mengatakan ia melakukan hal tersebut karena faktor ekonomi.

"Bisa dibilang karena faktor ekonomi," tuturnya.


 

Sebelumnya, pemeran Ikal "Laskar Pelangi" Zulfani Pasha (ZP), beserta istrinya, PA, ditetapkan sebagai tersangka dugaan penipuan.

Baca Juga: 5 Fakta Zulfani Pasha Pemeran Ikal "Laskar Pelangi" yang Ditangkap karena Kasus Penipuan dan Sajam

Selain itu, Satreskrim Polres Belitung Timur juga menetapkan pemilik senjata tajam (sajam) berinisial A sebagai tersangka penyalagunaan sajam.

"Awalnya mereka diamankan berlima. Namun, setelah pemeriksaan lebih dalam, diketahui bahwa tiga orang ini yang paling berperan. Sedangkan dua orang lainnya hanya ikut saja," tutur Wawan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x