Kompas TV lifestyle kesehatan

Tips Pulihkan Stamina dan Kebugaran Tubuh setelah Kegiatan Libur Lebaran

Kompas.tv - 26 April 2023, 18:52 WIB
tips-pulihkan-stamina-dan-kebugaran-tubuh-setelah-kegiatan-libur-lebaran
Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, yang masih dipadati pemudik meski masa cuti Lebaran 2023 telah selesai pada hari ini, Rabu (26/4/2023). (Sumber: TRIBUNNEWS.COM/NAUFAL LANTEN)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dokter gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS. SpGK (K) memberikan tips atau kiat-kiat memulihkan stamina dan kebugaran tubuh setelah libur lebaran.

Samuel mengatakan, seseorang bisa saja mengalami kelelahan setelah melewati berbagai kegiatan selama merayakan Lebaran 2023.

Lulusan program doktoral ilmu gizi di Universitas Indonesia ini menganjurkan untuk beristirahat dengan cukup demi mengembalikan tenaga setelah berhari-hari melakukan berbagai kegiatan selama libur lebaran.

"Yang utama kondisi tubuhnya dia lelah, energinya terkuras habis, mungkin dia juga kurang tidur. Itu yang disebut kelelahan,” kata Samuel dikutip dari Antara, Rabu (26/4/2023).

“Yang penting istirahat, mau itu di rumah atau di manapun, tidur harus cukup, paling tidak selama tujuh sampai delapan jam,” kata Samuel.

Baca Juga: Tips Menghangatkan Rendang dan Opor Ayam, Maksimal Dihangatkan 3 Kali

Samuel menganjurkan pula untuk berolahraga ringan sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh masing-masing dan tidak memaksakan melakukan olahraga berat.

“Lakukan olahraga yang ringan terutama yang bersifat kardio kalau ingin memulihkan energi,” kata Samuel.

Menurutnya, olahraga kardio bisa menstimulasi jantung dan melatih otot-otot besar seperti otot tungkai kiri dan kanan.

Olahraga ringan kardio yang bisa dilakukan antara lain jalan cepat dan bersepeda.

Samuel juga menganjurkan untuk melakukan latihan angkat beban guna memulihkan kondisi otot yang tidak dilatih selama libur Lebaran.

Prinsip berolahraga, kata dia, dilakukan secara bertahap dari yang paling ringan dan tidak memaksakan kemampuan.

“Mulailah dengan latihan beban bagi yang sudah terbiasa. Kalau yang belum terbiasa bisa mulai lagi dengan mengangkat beban yang sangat ringan,” kata Samuel.

Selain itu pemudik lebaran diimbau menjaga pola makan sehat untuk mengembalikan kondisi tubuh yang kelelahan setelah melewati libur lebaran.

Baca Juga: Simak! Tips Aman Pengemudi Lalui Jalan Layang MBZ, Terhindar dari Kecelakaan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x