Kompas TV regional banten

Jalur Wisata Anyer Penuh, Pengunjung Diimbau Gunakan Jalur Alternatif

Kompas.tv - 24 April 2023, 18:08 WIB
jalur-wisata-anyer-penuh-pengunjung-diimbau-gunakan-jalur-alternatif
Kawasan objek wisata Anyer ditutup untuk sementara waktu imbas kunjungan wisatawan yang membeludak pada Senin (24/4/2023). (Sumber: KOMPAS.COM/RASYID RIDHO.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jalur menuju kawasan wisata Pantai Anyer penuh usai membeludaknya kunjungan wisatawan di hari ketiga Lebaran 2023 atau Senin (24/4/2023).

Akibatnya, kawasan objek wisata Pantai Anyer ditutup untuk sementara sejak pukul 12.00 WIB. 

"Seperti dilihat sendiri, ada pemutaran balik untuk wisata Anyer, karena kami nyatakan pukul 12.00 WIB Pantai Anyer sudah mulai penuh, sehingga orang yang mau ke Anyer kami stop dulu, kami putar balik dulu," kata Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro dikutip dari akun Instagram resmi @polres_cilegon, Senin (24/4/2023).

Dikarenakan terjadi kepadatan kendaraan jalur wisata Anyer, dia pun mengimbau pengunjung untuk menggunakan jalur alternatif.

"Kami menyarankan wisatawan untuk mencari alternatif atau tempat wisata lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Info Jalur Alternatif Menuju Pantai Anyer dari Polda Banten, Bisa Persingkat Waktu

Dia pun menyebut, sebelum terjadi kepadatan kendaraan, Polres Cilegon sempat memberlakukan sistem one way atau satu arah untuk menarik wisatawan dari arah Kota Cilegon.

Namun, setelah terjadi kepadatan, semua kendaraan diputarbalikkan dan objek wisata Pantai Anyer ditutup sementara.

"Untuk one way tadi kami lakukan guna memasukkan kendaraan yang akan berwisata karena belum padatnya wisata pantai Anyer Cinangka, sehingga kita berlakukan one way. Tetapi saat ini dikarenakan wisata pantai Anyer sudah penuh, jadi kita berlakukan pemutarbalikan kendaraan," tegasnya.

Kendati demikian, penutupan, kata dia, dikecualikan bagi masyarakat Anyer hingga Cinangka, tamu hotel, hingga pekerja pabrik.

"Ada beberapa kendaraan yang bisa masuk ke kawasan wisata Pantai Anyer Cinangka, di antaranya adalah orang yang kerja di industri, kemudian orang yang memiliki KTP sekitar Ciwandan, Anyer dan Cinangka, serta wisatawan yang sudah booking hotel di wilayah Anyer Cinangka," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pembukaan kembali jalur wisata menuju pantai Anyer akan diberlakukan sembari menunggu situasi pantai sepi dari pengunjung.

Baca Juga: 30.000 Orang Diprediksi Berwisata ke Gunungkidul Yogyakarta Hari Ini, Mayoritas ke Pantai


 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.