Kompas TV nasional peristiwa

Jelang Penerapan One Way, Gerbang Tol Kalikangkung Diatur, Kendaraan dari Barat Tak Bisa Melintas

Kompas.tv - 24 April 2023, 14:18 WIB
jelang-penerapan-one-way-gerbang-tol-kalikangkung-diatur-kendaraan-dari-barat-tak-bisa-melintas
Petugas PT Jasamarga Semarang-Batang, Jateng, mulai memindahkan pembatas jalan menjelang pemberlakuan jalur satu arah atau one way dalam arus balik Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriah, Senin (24/4/2023). (Sumber: FOTO ANTARA/ I.C.Senjaya)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

 

SEMARANG, KOMPAS.TV - Petugas Pos Pengamanan Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, mulai melakukan persiapan menjelang pemberlakuan sistem jalur satu arah atau one way untuk mengantisipasi arus balik Lebaran 2023, siang ini, Senin (24/4/2023).

 

Kendaraan yang melaju dari arah barat sudah tidak lagi melintas masuk gerbang Tol Kalikangkung mulai pukul 13.00 WIB.

Aturan satu arah dari GT Kalikangkung hingga GT Cikampek sepenuhnya berlaku pada pukul 14.00 WIB.

Kepala Pos Pengamanan GT Kalilangkung Rudyanto menerangkan, sterilisasi kendaraan sudah mulai dilakukan.

"Arus kendaraan dari arah barat sudah mulai menurun jelang pemberlakuan one way," jelas Rudyanto, Senin, dilansir dari Antara.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi rencananya akan mulai membuka aturan one way dari gerbang Tol Kalikangkung.

Baca Juga: Ingat! One Way Diberlakukan dari Km 414 Tol Kalikangkung hingga Km 70 Tol Cikampek Siang ini

Sebelumnya, Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Korlantas Polri Kombes Pol. Eddy Djunaedi menyampaikan rekayasa lalu lintas berupa one way akan berlaku di KM 414 GT Kalikangkung hingga KM 70 GT Cikampek.

One way dari KM 414 GT Kalikangkung di Semarang, Jawa Tengah sampai dengan KM 70 GT Cikampek akan diberlakukan mulai dari pukul 14.00 pada Senin siang,” kata Eddy.

Selain one way, kata Eddy, pihaknya juga akan memberlakukan rekayasa contraflow dari KM 70 sampai dengan KM 47 Tol Jakarta Cikampek, pada pukul 14.00 WIB.

Kebijakan tersebut berdampak pada penyesuaian kendaraan dari arah Jakarta menuju ke arah timur seperti Purwakarta, Subang, Cirebon, dan wilayah Jawa Tengah lainnya.

Ia menerangkan, pengguna ruas jalan tol Jakarta-Cikampek sampai KM 66 dapat mengambil arah kiri menuju ruas tol Cipularang masuk ke gerbang tol Kalihurip Utama.

Selanjutnya keluar Sadang (KM 76 Cipularang), kemudian melewati Purwakarta melalui jalan arteri.

Sementara untuk ruas jalan tol Jakarta-Cikampek sampai KM 68 exit (keluar) di Dawuan (gerbang tol Kalihurip 1), selanjutnya lewat Purwakarta/Cikampek melalui arteri.

Rekayasa lalu lintas one way dan contraflow ini bertujuan agar tidak terjadi kepadatan volume kendaraan yang menuju Jakarta pada momen arus balik hari raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Baca Juga: Daftar 12 Jalan Tol yang Beri Diskon Tarif hingga 20 Persen di Arus Balik Lebaran 2023


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x