Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Simbol Kerukunan, Masjid dan Gereja Dihubungkan Oleh Kanopi

Kompas.tv - 24 April 2023, 12:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PATI,KOMPAS.TV - Di Kabupaten Pati, Jawa Tengah terdapat sebuah masjid dan gereja yang lokasinya saling berhadapan. Uniknya dua rumah ibadah ini dihubungkan oleh atap kanopi yang digunakan secara bergantian oleh masing-masing umat.

Bangunan masjid dan gereja ini berada di Jalan Kolonel Sunandar, Desa Winong, Kecamatan Pati Kota, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kedua rumah ibadah ini adalah Masjid Al Muqorrobin dan Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI Winong).

Uniknya, masjid dan gereja yang berada di tengah permukiman warga ini dihubungkan oleh sebuah kanopi yang digunakan secara bergantian oleh masing-masing umat.

GKMI Winong dibangun pada tahun 1991. Sedangkan Masjid Al Muqorrobin dibangun didirikan pada tahun 2022, dan menurut warga kedua rumah ibadah ini menjadi bersebelahan dan berhadapan bukanlah sebuah kesengajaan.

Masjid dan gereja yang berdampingan adalah simbol keharmonisan umat Islam dan Kristen di Desa Winong, Kecamatan Pati Kota, Kabupaten Pati. Pemasangan kanopi merupakan kesepakatan warga pada tahun 2015 lalu.

“Kalau tentang salat biasnya meluap hingga teras gereja dan biasanya dari gereja silakan dipakai buat Salat Jumat atau sebaliknya saat gereja sedang melakukan sembayang bisa parkir di masjid,” ucap Santrimo, Ketua Takmir Masjid Al Muqorrobin

“Ada nilai yang emang kita ingin bangun dengan kanopi bisa menjadi simbol persaudaran dan simbol kebersamaan, selain itu secara praktis ketika gereja dan masjid ada kegiatan tidak perlu pasang tratag (tenda),” ujar Didik Hartono – Pendeta Gereka GKMI Winong

Pada momen tertentu saat umat yang datang membludak, kanopi digunakan secara bergantian. Namun jika ada perayaan yang jatuh di hari yang bersamaan, umat islam dan umat kristen berdialog untuk saling menyesuaikan waktu ibadah.

#gereja #masjid #pati



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.