Kompas TV ekonomi keuangan

Tips Atur Keuangan Saat Lebaran, Mulai dari Beli Hampers Sampai Penggunaan Kartu Kredit

Kompas.tv - 21 April 2023, 15:10 WIB
tips-atur-keuangan-saat-lebaran-mulai-dari-beli-hampers-sampai-penggunaan-kartu-kredit
Ilustrasi pengaturan keuangan saat Lebaran. (Sumber: sahabat.pegadaian.co.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Selama bulan Ramadan hingga Lebaran, pengeluaran biasanya akan jauh lebih besar dari biasanya. Setelah membeli beragam makanan untuk puasa, kini giliran merogoh kocek untuk keperluan Lebaran.

Mulai dari anggaran masak ketupat dan rendang, beli kue kering, angpao Lebaran untuk keponakan, hingga mengirim parsel atau hampers buat teman-teman. 

Jika tak direncanakan dan diatur dengan baik, habis Lebaran bisa-bisa justru punya utang. Mulai dari tagihan kartu kredit membengkak hingga utang pinjol.

 Mengutip dari laman resmi OJK, Jumat (21/4/2023), berikut tips mengatur keuangan Lebaran mulai dari membeli hampers sampai penggunaan kartu kredit. 

Baca Juga: Tips Atur Barang di Atap Mobil Saat Mudik Agar Seimbang dan Barang Tak Rusak

Tips Membeli Hampers

1.  Buat daftar penerima hampers berdasarkan skala prioritas. Anda bisa mendata rekan dan juga kerabat yang ingin anda kirimkan hampers.

2.  Memilih barang yang bermanfaat dan bermakna. Anda juga bisa menyesuaikan barang tersebut dengan budget. 

3. Pilih asuransi pengiriman. Untuk memastikan hampers anda diterima dengan aman, jangan lupa untuk melengkapi hampers dengan asuransi pengiriman.

Asuransi pengiriman merupakan produk yang memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman. Anda dapat memanfaatan asuransi pengiriman saat membeli barang secara online melalui platform e-commerce atau mengirim barang melalui kurir. 

Meski sederhana, asuransi pengiriman memiliki manfaat yang penting, apalagi jika barang yang anda kirim bernilai tinggi dan berjarak jauh.

Baca Juga: Daftar Promo Bank BRI dan BCA Selama Puasa Ramadan dan Lebaran 2023

Tips Atur Keuangan untuk Belanja Lebaran

Selain berkirim hampers, salah satu tradisi jelang Lebaran adalah berbelanja baju Lebaran. Sebagai bentuk apresiasi kepada diri sendiri dan keluarga, anda boleh membeli baju Lebaran. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x