Kompas TV nasional peristiwa

Polisi Bakal Putar Balik Pemudik Sepeda Motor yang Bawa Muatan Berlebih

Kompas.tv - 20 April 2023, 14:48 WIB
polisi-bakal-putar-balik-pemudik-sepeda-motor-yang-bawa-muatan-berlebih
Ilustrasi pemudik motor. Kepolisian bakal mememutarbalikkan pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan membawa muatan berlebih.(Sumber: Antara)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian bakal menindak pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan membawa muatan berlebih, sebab dinilai membahayakan. 

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyebut pendindakan yang dilakukan yakni akan diputar balik.

"Iya diputarbalikan, dihentikan diturunkan, diingatkan," kata Latif, Kamis (20/4/2023).

Dia mengimbau pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk tidak membawa muatan berlebih. Pihaknya akan tetap mengawasi para pemudik motor dengan kamera tilang elektronik atau ETLE mobile.

ETLE mobile tersebut akan menangkap berbagai macam pelanggaran yang dilakukan pemudik, seperti muatan berlebih, melawan arus, pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm dan sebagainya. 

Meski demikian, Latif menyebut, pihaknya tak serta merta menilang pengendara yang tertangkap ETLE.

Baca Juga: H-2 Lebaran, Sedikitnya 1.145 Pemudik Berangkat dari Terminal Pulogebang

"Kita pilah, ini operasi kemanusiaan. Ini membahayakan atau tidak mengingatkan mereka. ETLE yang kita pasang bukan untuk banyak menilang tapi untuk memberikan efek jera mengingatkan," ucapnya.

"Apalagi ini operasi kemanusiaan, tidak semua di ETLE itu kita tangkap semua. Mana yang memang perlu dikirim surat tilang."

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan mudik Lebaran 2023 atau Hari Rata Idul Fitri 1444 H. 


 

Dari 123,8 juta orang tersebut, 20,3 persen di antaranya atau 25,13 juta orang diperkirakan mudik dengan sepeda motor.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor karena dinilai membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

"Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi," kata Budi dalam keterangan resminya pekan ini.

Baca Juga: Pemudik Antri Hingga 10 Jam Di Pelabuahn Padangbai



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x