Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pesawat Lion Air Rute Makassar-Balikpapan Delay 2,5 Jam karena AC Bermasalah, Manajemen Minta Maaf

Kompas.tv - 20 April 2023, 11:19 WIB
pesawat-lion-air-rute-makassar-balikpapan-delay-2-5-jam-karena-ac-bermasalah-manajemen-minta-maaf
Ilsutrasi. Pesawat Lion Air penerbangan nomor JT-672 dengan jadwal keberangkatan 08.45 Wita rute Makassar (UPG) ke Balikpapan (BPN) pada Rabu (19/ 04/2023), mengalami delay hingga 2,5 jam. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pesawat Lion Air penerbangan nomor JT-672 dengan jadwal keberangkatan 08.45 Wita rute Makassar (UPG) ke Balikpapan (BPN) pada Rabu (19/ 04/2023), mengalami delay hingga 2,5 jam.

Hal itu terjadi karena adanya kendala pada sistem pendingin udara di pesawat. Manajemen Lion Air pun meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para penumpang.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang M. Prihantoro Lion Air mengatakan, pihaknya ingin memastikan bahwa keselamatan dan kenyamanan para penumpang adalah prioritas yang utama.

Baca Juga: Garuda Tawarkan Promo Tiket Pesawat Program "Lebaran ke Jakarta", Mulai Rp700 Ribuan

"Ketika pesawat yang dioperasikan Boeing 737-800NG registrasi PK-LJQ bersiap untuk didorong mundur (push back), pilot menemukan ada indikasi sistem pendingin udara tidak bekerja secara maksimal, yang berdampak suhu di dalam kabin pesawat tidak sebagaimana semestinya," kata Danang dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/4/2023).

"Pada situasi tersebut, pilot memutuskan untuk menunda keberangkatan penerbangan dan meminta penumpang agar diturunkan kembali menuju ruang tunggu bandar udara," ujarnya.

Danang menyampaikan, awak kabin yang bertugas pun sudah memberikan informasi kepada penumpang dan mengarahkannya untuk kembali ke ruang tunggu di bandar udara sambil menunggu informasi dan perkembangan selanjutnya.

Menurutnya, pengecekan dan perbaikan sistem pendingin udara ternyata membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit yang dilakukan oleh teknisi Lion Air.

Baca Juga: Sikat! Ini Promo Tiket Pesawat Mudik Lion Air, Garuda, Tiket.com, Traveloka

"Dalam hal ini, tahapan pekerjaan tidak dapat dilakukan secara cepat dan instan," ujarnya.


 

Setelah sistem pendingin udara pesawat dinyatakan telah berfungsi dengan baik oleh teknisi pesawat dan  dilakukan pengecekan oleh pilot, maka pesawat siap dioperasikan (diterbangkan) kembali.

Lion Air telah memberangkatkan kembali seluruh penumpang penerbangan nomor JT-672 tujuan Balikpapan pukul 11.20 Wita, dengan menggunakan pesawat yang sama. Pesawat telah mendarat dengan normal.

"Lion Air berkomitmen bahwa aspek keselamatan dan kenyamanan selalu menjadi fokus utama dalam setiap penerbangan," ucapnya. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x