Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Waspada Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Indonesia Hari Ini!

Kompas.tv - 13 April 2023, 06:46 WIB
bmkg-waspada-hujan-lebat-petir-dan-angin-kencang-di-sejumlah-wilayah-indonesia-hari-ini
Ilustrasi hujan lebat terjadi di daerah Jakarta Pusat. (Sumber: KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca yang berpotensi hujan sedang-lebat dan disertai petir hingga angin kencang di sebagian wilayah di Indonesia pada hari ini, Kamis (13/4/2023).

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Baca Juga: Ancaman Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Selanjutnya Gorontalo, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku.

Kemudian Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara.

Baca Juga: Apa Itu Siklon Tropis Herman? Picu Cuaca Ekstrem hingga Badai di Beberapa Wilayah

Masyarakat pesisir waspada potensi gelombang tinggi  

Sebelumnya, BMKG mengimbau masyarakat pesisir untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan pada 12-13 April 2023.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo menyatakan agar masyarakat yang tinggal atau beraktivitas di pesisir untuk waspada.

Baca Juga: BMKG Imbau Warga Bali Waspada Dampak Siklon Tropis Ilsa, Awas Hujan Angin dan Petir

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," terangnya dikutip dari Antara, Kamis (13/4).

Ia menjelaskan bahwa pola angin di wilayah Indonesia menjadi salah satu penyebab terjadinya peningkatan gelombang laut.

Baca Juga: Ada Bibit Siklon 98s di Indonesia, BMKG Imbau Waspada Cuaca Ekstrem di Wilayah Ini

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 3-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa, Laut Flores, perairan P. Sumba, perairan Kupang-P. Rotte, dan Samudra Hindia Selatan NTT.


 

 
 

 

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x