Kompas TV saintek sains

Daftar Lokasi dan Waktu Lihat Gerhana Matahari Hibrid 20 April 2023, Jangan Terlewat

Kompas.tv - 12 April 2023, 06:36 WIB
daftar-lokasi-dan-waktu-lihat-gerhana-matahari-hibrid-20-april-2023-jangan-terlewat
Ilustrasi gerhana matahari hibrid yang akan terjadi di Indonesia pada 20 April 2023. (Sumber: Encyclopedia Britanica )
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan beberapa lokasi untuk menyaksikan gerhana matahari hibrid pada Kamis, 20 April 2023 mendatang.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana matahari 2023 ini, diharapkan mencatat waktunya agar tidak terlewat.

Namun, untuk diketahui, jangan menatap langsung gerhana matahari dengan mata telanjang agar tidak menimbulkan masalah penglihatan.

Apa Itu Gerhana Matahari Hibrid?

Gerhana matahari hibrid adalah fenomena gerhana matahari cincin dan total yang terjadi pada satu waktu secara berurutan.

Hal ini terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada tepat segaris, sehingga di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

Baca Juga: Gerhana Matahari Hibrida Terjadi pada 29 Ramadan 1444 H/2023 M, Ini Lokasi Terbaik untuk Melihatnya

Akan tetapi di tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi sama dengan piringan Matahari.

Gerhana matahari hibrida kali ini diprediksi terdiri dari dua tipe gerhana, Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Total. 

Saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya, sedangkan di tempat tertentu lainnya, Matahari seakan-akan tertutupi Bulan.

Fenomena ini sangat jarang terjadi dan hanya dapat dilihat dari daerah yang terbatas di bumi. Kondisi terjadinya gerhana matahari hibrid tergantung pada ukuran, jarak, dan posisi bulan dan matahari saat gerhana terjadi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x