Kompas TV nasional peristiwa

Wapres Berencana Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dan Tak akan Gelar Open House

Kompas.tv - 11 April 2023, 14:32 WIB
wapres-berencana-salat-idul-fitri-di-masjid-istiqlal-dan-tak-akan-gelar-open-house
Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan keterangan pers kepada wartawan di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (4/4/2023). Wapres) Ma'ruf Amin mengaku berencana melaksanakan salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta dan tidak akan menggelar open house. (Sumber: BPMI Setwapres)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengaku berencana melaksanakan salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta. 

"Lebaran saya di Jakarta Insya Allah salatnya di Istiqlal," kata Ma'ruf saat memberikan keterangan pers di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (11/4/2023), dikutip dari kanal YouTube Wakil Presiden. 

Namun, Ma'ruf mengatakan tidak akan menggelar Open House pada Lebaran tahun ini.

"Tidak ada open house, ya belum ada open house sekarang itu," jelasnya.

Wapres menyebut, hal yang sama juga dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Presiden (Jokowi) juga belum (open house), saya kira itu," tegasnya.

Sementara disinggung persiapan jelang puncak mudik Lebaran, Wapres menyebut pemerintah telah melakukan antisipasi terjadinya kemacetan saat arus mudik dari jauh-jauh hari.

Baca Juga: Demi Kelancaran Arus Mudik, Wapres: Jalan yang Sudah Siap Segera Dibuka, Tak Usah Tunggu Peresmian

Salah satunya, yakni sudah dilakukannya pembenahan terhadap infrastruktur penunjang mudik

"Pemerintah sudah antisipasi dari jauh-jauh hari soal infrastrukutur sudah dibenahi semua, kemungkinan kemacetan di rest area sudah diantisipasi, sehingga tidak boleh lama orang di rest area itu supaya nanti bergantian, yang belakang," jelasnya.


 

Selain itu, pemantauan secara masif terhadap arus mudik melalui udara juga dilakukan untuk mencegah tersendatnya arus kendaraan.

"Sehingga bisa dilihat di mana ada terjadi kemacetan supaya bisa dilakukan upaya upaya mengurai sehingga kemacetan tidak ada," tegasnya.

Sebagai informasi, dalam kunjungan kerja di Kalimantan Selatan, Wapres melakukan sejumlah kegiatan. Diantaranya antara lain, pada Senin (10/4) malam Ma'ruf Amin memberikan tausiah dan salat Tarawih berjemaah d Masjid Agung Al Munawwarah, Banjarbaru, Kalsel.

Kemudian pada Selasa (11/4), Wapres meninjau Mal Pelayanan Publik Banjarbaru. Wapres juga mengukuhkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan syariah (KDEKS) Kalimantan Selatan hingga meresmikan Kalimantan Selatan National Halal Fair 2023.

Baca Juga: Meski Ada One Way di Tol Cikampek, Pemudik dari Bandung ke Jakarta Tetap Bisa Lewat, Ini Jadwalnya

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x