Kompas TV regional papua maluku

Prajurit Satgas Tengkorak TNI Gugur Kontak Senjata dengan KKB, Korban Tertembak di Perut dan Tangan

Kompas.tv - 11 April 2023, 08:51 WIB
prajurit-satgas-tengkorak-tni-gugur-kontak-senjata-dengan-kkb-korban-tertembak-di-perut-dan-tangan
Sertu Robertus Simbolon, anggota Satgas Yonif PR 305/TKR yang menjadi korban penembakan KKB di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, saat mendapat penanganan medis di Puskesmas Sugapa, Minggu (9/4/2023) yang kemudian dinyatakan meninggal dunia akibat luka tembak yang dialaminya. (Sumber: ANTARA/HO-Korem 173/PVB)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

PAPUA, KOMPAS.TV - Seorang anggota TNI dari Tim Elang Satgas Yonif Raider 305/Tengkorak dilaporkan tewas setelah terlibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB.

Adapun baku tembak tersebut terjadi di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, pada Minggu (9/4/2023) sore.

Baca Juga: TNI Tangkap Yomison Murib saat Lewat Depan Markas Tentara, Ternyata Keponakan Pimpinan KKB

Dalam peristiwa tersebut, anggota TNI bernama Sertu Robertus Simbolon yang bertindak sebagai komandan tim gugur. Korban terkena tembakan KKB di bagian tangan kiri dan perut.

"Sertu Robertus Simbolon gugur akibat kejadian kontak tembak di Titigi," kata Danrem 173/PVY Brigjen Sri Widodo saat dihubungi melalui pesan singkat pada Senin (10/4/2023).

Widodo menjelaskan, baku tembak anggota TNI dan KKB berlangsung sejak pukul 16.10 WIT. Berdasarkan pantauan drone, KKB yang terlibat baku tembak berjumlah sekitar 10 orang.

Setelah baku tembak terjadi, kata Widodo, korban Sertu Robertus Smbolon yang saat itu masih dalam keadaan sadar sempat dievakuasi. 

Proses evakuasi korban, lanjut Widodo, bahkan sempat diwarnai dengan aksi penembakan, sehingga baku tembak dengan KKB kembali terjadi.

Baca Juga: Panglima TNI Sebut KKB akan Tembak Pilot Susi Air Jika Dibebaskan Menggunakan Cara Militer

Hingga akhirnya Sertu Robertus Simbolon berhasil dievakuasi ke Puskesmas Sugapa. Korban sempat mendapat perawatan darurat dari tim medis.

Namun sayang, nyawa Sertu Robertus Simbolon tidak tertolong. Ia dinyatakan meninggal dunia pada pukul 19.09 WIT.

"Jenazah korban saat ini sudah dievakuasi ke Mimika," kata Widodo.

Widodo menyampaikan dugaan awal para pelaku yang terlibat baku tembak dengan anggota TNI itu merupakan KKB pimpinan Joni Botak.

"Para pelaku memang anak buah Joni Botak yang saat ini dilaporkan sudah keluar dari Kabupaten Intan Jaya," kata Danrem 173/PVB Brigjen TNI Sri Widodo.


 

Adapun saat ini, jenazah Sertu Robertus Simbolon telah dievakuasi ke Timika. Widodo menyampaikan evakuasi jenazah korban ke Timika dilakukan menggunakan pesawat Smart Aviation dengan kode penerbangan PK-SNP.

Baca Juga: Buntut Tukang Ojek Dibunuh, TNI dan Polri Membalasnya Tembak Mati 3 Anggota KKB

Selanjutnya, jenazah akan diterbangkan ke Jakarta pada Selasa (11/4/2023). Selanjutnya, jenazah korban dibawa melalui jalur darat ke Mako Yonif PR 305/TKR, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Setelah itu, jenazah diterbangkan ke Medan untuk dimakamkan di kampungnya.

"Saat ini jenazah disemayamkan di Makodim 1704/Mimika di Timika," kata Brigjen TNI Sri Widodo.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x