Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Sri Mulyani Cek Kesiapan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta Hadapi Mudik Lebaran 2023

Kompas.tv - 10 April 2023, 06:23 WIB
sri-mulyani-cek-kesiapan-bea-cukai-bandara-soekarno-hatta-hadapi-mudik-lebaran-2023
Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan inspeksi ke layanan bea cukai di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Minggu (9/4/2023). Ia mengatakan, hal itu dilakukan untuk mengecek kesiapan Bea Cukai Bandara Soette untuk menyambut arus mudik Lebaran 2023. (Sumber: Instagram @smindrawati )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan inspeksi ke layanan bea cukai di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Minggu (9/4/2023). Ia mengatakan, hal itu dilakukan untuk mengecek kesiapan Bea Cukai Bandara Soetta untuk menyambut arus mudik Lebaran 2023. 

Dalam video yang ia unggah, terlihat Sri Mulyani, Dirjen Bea Cukai Askolani beserta jajarannya, dan Stafsus Menkeu Yustinus Prastowo menggunakan rompi bea cukai.

"Sore tadi saya mengecek kesiapan @bcsoetta dalam menyambut lonjakan kedatangan penumpang dalam rangka mudik lebaran," tulis Sri Mulyani di akun Instagramnya. 

Baca Juga: Stafsus Sri Mulyani Jelaskan Duduk Kasus Ekspor Emas Rp189 T yang Bikin Geger

"Saya ditemani oleh Direktur Jenderal @beacukairi meninjau seluruh aspek kesiapan dari hulu ke hilir. Mulai proses pelayanan bagasi penumpang, penjaluran penumpang menuju green dan red line, pemeriksaan barang (melalui x-ray dan fisik bagasi), pelayanan IMEI (registrasi hingga pembayaran), dan profiling penumpang," ujarnya.

Saat melakukan inspeksi, Menkeu berbincang dengan para petugas dan masyarakat yang baru kembali dari luar negeri ke tanah air. 

"Senang sekali melihat kesiapan para petugas DJBC yang terus meningkat dan semakin matang dalam memberikan pelayanan kepabeanan dan cukai. Saya juga pastikan, seluruh layanan yang diberikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya. 

Baca Juga: Mahfud MD: Korupsi Itu Ada di Perpajakan, Bea Cukai, DPR, dan Pengadilan

"Ketika sedang melakukan peninjauan, saya juga berbincang dengan para pegawai yang bertugas. Saya melihat mereka antusias dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat..!" ucapnya. 

Sri Mulyani juga terlihat menyambangi pintu keluar khusus jemaah umrah. 

"Saya sampaikan terima kasih atas kesiapan seluruh jajaran DJBC. Terus jaga profesionalisme dan berikan layanan yang terbaik kepada masyarakat. Mari jaga bersama kepercayaan masyarakat terhadap DJBC dan @kemenkeuri!," katanya. 


 

Belakangan, layanan bea cukai memang tengah menjadi sorotan masyarakat. Banyak warga yang mengeluh petugas bea cukai asal mengobrak-abrik koper penumpang, tidak ramah saat memeriksa barang bawaan penumpang, memungut bea masuk atas semua jenis barang, dan ada sejumlah pejabat bea cukai yang pamer gaya hidup mewah. 

Baca Juga: Sri Mulyani Ingatkan Petugas Bea Cukai agar Tak Asal Acak-Acak Barang Penumpang

Bahkan Menkopolhukam Mahfud MD mengungkap ada transaksi mencurigakan sebesar Rp349 triliun di Kementerian Keuangan, yang mayoritas terjadi di instansi pajak dan bea cukai. 

Hal itu membuat Sri Mulyani melakukan bersih-bersih di kementerian yang dipimpinnya. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.