Kompas TV pendidikan edukasi

Kisah Andi Faizah, Siswi SMP yang Jadi Wakil Indonesia di Forum Internasional

Kompas.tv - 8 April 2023, 06:50 WIB
kisah-andi-faizah-siswi-smp-yang-jadi-wakil-indonesia-di-forum-internasional
Andi Faizah Fathin Amaluddin wakil Indonesia di Asia World Model United Nations 2023 (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Andi Faizah Fathin Amaluddin, bangga menjadi wakil Indonesia di forum internasional usai dinyatakan lulus seleksi esai untuk menjadi delegasi Indonesia pada Asia World Model United Nations 2023 yang akan digelar di Bangkok, Thailand.

Siswi SMP Islam Athirah Bone, Sulawesi Selatan, ini akan hadir dalam ajang Asia World Model United Nations (AWMUN), yang merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh International Global Network.

Forum ini merupakan ajang debat internasional yang delegasinya mewakili suatu negara.

“Alhamdulillah sangat bangga bisa lulus. Semoga bisa berangkat dan diberi kelancaran di sana. Selain bangga tentu bersyukur sekali bisa melatih skill komunikasi di level internasional,” ungkap Andi Faizah dalam keterangannya di Makassar, Jumat (7/4/2023), dikutip dari Antara.

Baca Juga: Kasus Dugaan Perundungan Siswi SMP Berakhir Damai

Putri pasangan dr Andi Nurhidayah Yusuf dan Ir Andi Amaluddin Matotoran tersebut mendapatkan kabar membanggakan itu pada Kamis (6/4) kemarin.

Andi Faizah yang kerap disapa Fafa dinyatakan lolos seleksi sebagai duta Indonesia setelah berhasil melewati beberapa tahapan ujian, hingga akhirnya mengikuti tes esai yang merupakan tes akhir. 


Jika tidak ada aral melintang, remaja yang ingin menjadi bagian dari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) tersebut akan mengikuti AWMUN di Bangkok, Thailand pada 27 – 30 April mendatang.

Siswi kelas VIII ini akan menjadi peserta berstatus siswa di antara para peserta yang rata-rata mahasiswa. Ia berhasil lolos menjadi delegasi Indonesia di forum pemuda internasional untuk wilayah Asia yang akan mengutus 500 peserta.

"Tujuan kegiatan ini untuk melatih para pemuda menjadi diplomat yang andal," ujar Andi Fauziah yang telah jadi juara debat se-Sulselbar pada kompetisi debat SMP di Kota Parepare.

Selain itu, kata perempuan berusia 14 tahun itu, ajang ini diharapkan dapat meningkatkan perspektif para pemimpin muda tentang dunia dalam rangka membentuk generasi berpikir kritis.

Remaja yang bercita-cita menjadi dokter gigi tersebut bersyukur bisa mengasah kemampuan komunikasi dan diberi kesempatan untuk menjajal ajang berkelas internasional.

Baca Juga: Untuk Para Santri, Ada Beasiswa Prestasi di 20 Perguruan Tinggi, Ini Daftarnya

Sebelumnya Andi Fauziah juga telah mengukir prestasi internasional di Changemaker Youth Execursion 2023.



Sumber : Kompas TV, Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.