Kompas TV video vod

Kata Pengamat Soal Sanksi Ringan FIFA Untuk Indonesia: Transformasi Sepakbola Dijalankan

Kompas.tv - 7 April 2023, 22:52 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pengamat sepakbola M Kusnaeni menilai sanksi ringan dari FIFA menjadi gambaran posisi Indonesia dalam sepakbola global.

Menurutnya adalah hal yang wajar jika FIFA menjatuhkan sanksi ringan berupa larangan penggunaan sementara terkait dana bantuan dari FIFA.

“Hukuman ringan FIFA ini gambarkan FIFA menilai posisi Indonesia dalam percaturan sepakbola global cukup penting. Indonesia dengan 280 juta penduduknya, 190 juta di antaranya penggemar sepakbola. Angka itu tidak boleh dipandang enteng. FIFA mandang indonesia memiliki Pendukung yang militan. Itu terbukti banyak event. FIFA apresiasi hal ini. Maka FIFA enggak sembarang kasih hukuman berat kepada Indonesia,”kata Pengamat sepakbola M Kusnaeni, Jumat (7/4/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Sampaikan Keputusan Sanksi FIFA Untuk Indonesia: Dapat Kartu Kuning

Lebih lanjut Kusnaeni berpendapat setelah sanksi diterima, selanjutnya adalah tugas berat memastikan amanat yang diberikan FIFA kepada Indonesia untuk transformasi sepakbola betul dijalankan.

“Blue print harus dijalankan. Bukan berhenti dalam produk pemikiran. Harus diimpementasikan, dan sungguh-sungguh untuk memperbaiki sepakbola di Indonesia,”jelas Kusnaeni.

Video Editor: Lintang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x