Kompas TV nasional humaniora

Ini Masukan buat PSSI setelah Timnas Indonesia U20 Gagal Bertanding di Piala Dunia

Kompas.tv - 1 April 2023, 22:50 WIB
ini-masukan-buat-pssi-setelah-timnas-indonesia-u20-gagal-bertanding-di-piala-dunia
Para pemain Timnas U20 Indonesia berkunjung ke newsroom Kompas TV, Kamis (30/3/2023). (Sumber: KompasTV/Dentamira Kusuma)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI perlu memulihkan psikologi Timnas U20 Indonesia setelah batal bermain di Piala Dunia U20. 

Pengamat Sepak Bola M Kusnaeni menilai pemulihan psikologi ini diperlukan karena setiap pemain pastinya merasakan kekecewaan mendalam karena kehilangan kesempatan bermain di piala dunia hanya beberapa bulan sebelum acara bergulir. 

"Itu pasti sangat memukul mental para pemain, jadi perlu dipulihkan mentalnya supaya mereka siap menjalani kehidupan setelah U20 batal di Indonesia," ujar Kusnaeni di program Kompas Malam KOMPAS TV, Sabtu (1/4/2023).

Selain pemulihan psikologi pemain, PSSI juga perlu memberi ruang bagi pemain yang mungkin bercita-cita berkarier di luar sepak bola. 

Baca Juga: Begini isi Curhatan Timnas U-20 ke Presiden Jokowi, Usai Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah

Semisal jika pemain ada yang ingin berkarier sebagai prajurit TNI atau anggota Polri, bisa didorong untuk masuk jalur prestasi.

"Pemain ini memang belum menunjukkan prestasinya di piala dunia tetapi mereka terpilih dalam skuad piala dunia itu juga dimaknai sebagai prestasi tersendiri. Nah ini yang harus diakomodasi," ujar Kusnaeni.

Di sisi lain, PSSI juga mendorong bagi para pemain yang bercita-cita sebagai pemain sepak bola profesional. 

Diharapkan transformasi yang dilakukan oleh Ketua PSSI Erick Thohir bisa memberi ruang bagi pemain muda Indonesia ini untuk berkompetisi.

Baca Juga: Curhat ke Jokowi, Sebagian Pemain Timnas U20 Bilang Ingin Jadi Anggota TNI, Polri, atau ASN

Semisal membangun kompetisi-kompetisi di bawah usia 20 tahun. Dengan begitu para pemain ini punya ruang untuk berkompetisi. 

Bahkan bukan hanya untuk pemain yang ada di skuad Timnas U20, tapi untuk ribuan pemain lain di luar Timnas. 

"Masih banyak anak usia 20 saat ini kompetisinya baru level elite profesional akademi atau kompetisi junior. Mereka harus dibuat kompentisi supaya tetap mengasah kemampuan dan menjaga mimpinya menjadi pemain profesional suatu hari nanti," ujar Kusnaeni.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.