Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Pimpin Dewan Keamanan PBB Bulan Ini, Ukraina: Pukulan Telak ke Sistem Hubungan Internasional

Kompas.tv - 2 April 2023, 02:05 WIB
rusia-pimpin-dewan-keamanan-pbb-bulan-ini-ukraina-pukulan-telak-ke-sistem-hubungan-internasional
Arsip. Zelenskyy tiba di stasiun kereta Trostianets setelah berkeliling garis depan pertempuran dengan Rusia. Kepala staf kepresidenan Ukraina, Andriy Yermak mengkritik Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang akan dipimpin Rusia selama bulan ini. Presidensi Dewan Keamanan PBB sendiri dipegang secara bergantian dengan pergantian per bulan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Kepala staf kepresidenan Ukraina, Andriy Yermak mengkritik Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang akan dipimpin Rusia selama bulan ini. Presidensi Dewan Keamanan PBB sendiri dipegang secara bergantian dengan pergantian per bulan.

Staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy itu menyebut presidensi Rusia adalah "pukulan" bagi sistem hubungan internasional. Terakhir Rusia memegang presidensi Dewan Keamanan PBB adalah pada Februari 2022, ketika invasi ke Ukraina dimulai.

Baca Juga: Napi Rusia Dibebaskan dan Gabung Wagner untuk Perang di Ukraina, Pulang Langsung Dicurigai Membunuh

Selain itu, Yermak juga mengecam Iran yang disebutnya "negara teroris". Iran sendiri dituduh memasok Rusia dengan ratusan drone kamikaze untuk menyerang Ukraina.

"Sangat jitu bahwa pada hari kemerdekaan sebuah negara teror, Iran, negara teror yang lain, Rusia mulai memimpin Dewan Keamanan PBB," kata Yermak dikutip The Guardian, Sabtu (1/4/2023).

"Ini tidak hanya memalukan. Ini adalah pukulan simbolis lagi bagi sistem hubungan internasional yang berbasis aturan," lanjutnya.

Federasi Rusia sendiri resmi memegang presidensi Dewan Keamanan PBB per Sabtu (1/4). Kremlin mengaku akan "menggunakan seluruh haknya" selama menjabat.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) mendesak Rusia untuk "berlaku profesional" selama memimpin Dewan Keamanan PBB. Washington menyayangkan tiadanya cara menghalangi Rusia dari presidensi Dewan Keamanan PBB.

Baca Juga: Zelenskyy Undang Xi Jinping ke Kiev, Ukraina dan Rusia Berebut Dukungan China?


 



Sumber : The Guardian

BERITA LAINNYA



Close Ads x