Kompas TV nasional hukum

Cerita Korban Travel Umrah Naila Syafaah Tertipu Ratusan Juta, Pesan 9 Tiket Tidak Diberangkatkan

Kompas.tv - 1 April 2023, 19:23 WIB
cerita-korban-travel-umrah-naila-syafaah-tertipu-ratusan-juta-pesan-9-tiket-tidak-diberangkatkan
PT Naila Syafaah Wisata Mandiri (PT NSWN) agen perjalanan umrah yang tersandung kasus penipuan perjalanan ibadah umrah di Polda Metro Jaya. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Raty Purnamasari, peserta perjalanan ibadah umrah dari PT Naila Syafaah Wisata Mandiri (PT NSWN) masih berharap manajemen mengembalikan dana yang sudah disetor.

Raty menjelaskan dirinya sudah mendaftarkan sembilan anggota keluarga untuk ibadah umrah melalui travel umrah Naila Syafaah dengan harga satu jemaah Rp38 juta. 

Namun sejak Oktober 2022 hingga saat ini tidak satu pun anggota keluarga yang berangkat.

"Karena ramai pemberitaan PT Naila melantarkan 176 jemaah dari Kalimantan, ada juga yang terlantar di Arab Saudi, banyak yang tidak pulang kita makin takut akhirnya kita berinisiatif melaporkan ke polisi," ujar Ratih saat dihubungi di program Kompas Petang KOMPAS TV, Sabtu (1/4/2023).

Baca Juga: Inilah Wajah 3 Tersangka Kasus Penipuan Jemaah Umrah

Raty menjelaskan awal dirinya memilih travel umrah PT NSWN karena paket yang ditawarkan menarik. Ia mengambil paket sembilan plus satu, dengan penerbangan menggunakan pesawat Emirates.

Raty mengaku mendaftar melalui teman dekatnya yang kebetulan kakak ipar pemilik PT NSWN. Karena sudah saling mengenal Ratih percaya tidak ada penipuan yang dilakukan oleh PT NSWN.

"Saya percaya karena dia teman dekat saya, langganan saya. Jadi dia bilang kakak iparnya itu amanah, apa yang diminta bisa difasilitasi. Dia juga memuji si owner baik, royal. Ternyata si owner ini sudah sering melakukan penipuan," ujar Raty.

Raty mulai curiga dengan munculnya pemberitaan banyak jemaah umrah dari Naila Syafaah telantar di Arab Saudi. Tak hanya itu dirinya juga mendapat informasi banyak jemaah yang tidak diberangkatkan.

Baca Juga: Kemenag Belum Bisa Cabut Izin Travel Umrah Naila Syafaah, Ini Kendalanya

Maraknya pemberitaan ini membuat Raty mengonfirmasi teman dekatnya yang memiliki hubungan dengan pemilik PT NSWN, untuk memastikan sembilan tiket yang sudah dipesan berangkat ibadah umrah. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.