Kompas TV nasional rumah pemilu

Wacana Kaesang Maju dalam Pilkada Depok: PKS Siapkan Petahana, PDIP Tunggu Arahan Megawati

Kompas.tv - 1 April 2023, 13:19 WIB
wacana-kaesang-maju-dalam-pilkada-depok-pks-siapkan-petahana-pdip-tunggu-arahan-megawati
Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, diwacanakan maju dalam Pilkada Depok. (Sumber: Instagram @kaesangp)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Muncul wacana putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Depok, Jawa Barat. Terkait hal ini, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan PDI Perjuangan (PDIP) memberikan respons yang berbeda.

Wacana mengajukan Kaesang bertarung di pilkada Depok muncul setelah kelompok relawan Ganjar Pranowo, GP Center, mengunggah foto putra Presiden Jokowi itu dengan tulisan "Untuk Walikota Depok" lewat akun Instagramnya, @gpcenter_id, pada Senin (27/3/2023).

PKS yang disebut-sebut sebagai partai 'penguasa' di Depok mengatakan sangat siap jika nanti Kaesang benar-benar maju sebagai calon wali kota Depok. 

Bahkan PKS sudah menyiapkan kadernya, Imam Budi Hartono yang juga petahana wakil wali kota Depok, untuk berhadapan dengan Kaesang. 

"PKS Insya Allah punya calon yang berkualitas. Wakil wali kota (saat ini) Mas Imam Budi Hartono. Pandai dan baik hati juga," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Jumat (31/3/2023), dikutip dari Tribunnews. 

Baca Juga: Wuih! Kaesang Disebut akan Dideklarasikan Jadi Calon Wali Kota Depok Sore Ini

PKS pun menyambut baik wacana Kaesang maju sebagai calon pemimpin Depok. 

"Semua boleh. Apalagi anak muda. Makin banyak makin kompetitif makin baik. Mas Kaesang ngetop dan pandai. Pemilih jadi punya banyak opsi," imbuhnya.

Baca Juga: PKS Siapkan Imam Budi Hartono jika Kaesang Pangarep Maju dalam Pilkada Depok

PDIP Tunggu Megawati

Adapun Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Depok Hendrik Tangke Allo mengatakan pihaknya menunggu instruksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal pilkada.

"Nah kalau bicara pilkada, apa pun itu keputusannya ada di DPP partai, Ibu Ketua Umum, begitu," tegasnya, Jumat. 

Sementara itu, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto masih enggan bicara banyak soal wacana Kaesang maju dalam pilkada Depok. 

Baca Juga: Soal Kaesang Jadi Calon Wali Kota Depok, Ketua DPC PDI-P: Keputusannya di Ibu Mega

Ia cuma mengingatkan soal instruksi Megawati yang memerintahkan agar membantu rakyat dalam proses pemulihan usai pandemi. Untuk calon kepala daerah, kata Hasto, menunggu pengumuman capres PDIP. 

"Jadikan semua ada tahapan-tahapannya. Kita ini sekarang membantu rakyat, yang belum pulih akibat pandemi kemudian nanti sampai tiba ibu Mega mengumumkan siapa capres," ujar Hasto dalam konferensi pers di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (30/3/2023).

"Setelah pemilu baru berbicara tentang pilkada, semua ada tahapannya jangan dicampur-campur," jelasnya

Sementara itu, Tribunnews melansir, pada sore ini, Sabtu (31/3/2023), Kaesang Pangarep bakal dideklarasikan oleh relawan Ganjar Pranowo Centre sebagai calon wali kota Depok. Deklarasi tersebut dilaporkan akan bertempat di sebuah tempat makan di Sukmajaya, Depok.


 



Sumber : Kompas TV, Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x