Kompas TV nasional politik

AHY Komentari Rugi Materiil Imbas Piala Dunia U20 Batal di RI: Itu Uang Siapa? Uang Rakyat

Kompas.tv - 1 April 2023, 07:00 WIB
ahy-komentari-rugi-materiil-imbas-piala-dunia-u20-batal-di-ri-itu-uang-siapa-uang-rakyat
Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bicara potensi rugi materiil imbas Piala Dunia U20 batal (Sumber: Partai Demokrat )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merespons soal kegagalan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 dan banyaknya kehilangan materiill efek kegagalan itu. 

Menurut AHY, Indonesia rugil materiil yang cukup besar karena sudah rugi materiil dengan jumlah yang tidak sedikit untuk gelaran akbar Piala Dunia U20. 

Ia juga menyinggung terkait banyaknya stadion yang dipersolek untuk gelaran Piala Dunia U20, tapi kini malah batal.

“Ini kan semua sudah diperbaiki nih, sudah disiapkan, itu uang siapa? Uang negara, uang siapa itu? Uang rakyat. Jadi rugi lagi kita," kata AHY, Kamis (31/2/2023) dilansir pemberitaan Kompas TV. 

"Udah berapa stadion Indonesia yang dipersolek supaya jadi, supaya pantas dan siap menjadi tuan rumah tadi," tambahnya.  

Baca Juga: Piala Dunia U20 Batal di Indonesia, AHY: Jangan Pakai Olahraga untuk Alat Politik

Meski begitu, ia tidak mau menyebut uang yang sudah digelontorkan untuk Piala Dunia U20 sia-sia karena memang sudah dipersiapkan sebelumnya.

"Ya bukannya sia-sia, tapi tu kan dipersiapkan untuk perhelatan akbar dunia,” katanya. 

Selain itu, AHY juga menyebut dampak batalnya Piala Dunia U20 di Indonesia juga memukul banyak sektor. 

“Bayangkan berapa negara yang akan datang. Belum lagi suporter dari negara lain di dunia yang ikut meramaikan untuk menonton. Jadi ada kerugian banyak potensi buat kita. Itu lapangan pekerjaan, penghasilan, devisa, itu macam-macam semuanya akan masuk ke kas negara juga,” kata AHY.

Baca Juga: Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, AHY: Kini Kita Malu di Dunia Internasional

Diperkirakan Rugi Triliunan

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, potensi kerugian dari batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 minimal Rp3,7 triliun.

Jumlah itu berasal dari dana yang digunakan untuk merenovasi stadion dan lapangan untuk pertandingan, kunjungan wisatawan yang batal, serta dari sektor perhotelan dan ekraf lainnya.

"Total kita sedang mengkaji dan sudah keluar hasil kajian awal di mana venue-venue tersebut sudah direnovasi beberapa tahun terakhir, oleh PUPR Kemenpora ini jumlahnya sudah di atas Rp500 miliar lebih," kata Sandi kepada Tim Liputan Kompas TV, di kawasan Lido, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga: Hitung-hitungan Sandiaga, Piala Dunia U20 Batal Indonesia Rugi Rp3,7 Triliun

Tadinya, Piala Dunia U-20 akan digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Gelaran itu juga diprediksi akan menarik minat wisatawan asing dan penonton dari negara lain.

"Target pendapatan berbasis jumlah penonton yang sekitar 2 juta dalam pertandingan-pertandingan yang sudah disusun di enam kota itu, total lebih dari 2 juta penonton - 2,3 juta penonton dan minimal dampaknya itu mencapai Rp3,7 triliun. Dan ini kerugian yang sangat besar," kata Sandi.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.