Kompas TV nasional politik

Pengamat Sarankan Mitigasi Kemarahan Publik ke Ganjar dan Koster agar Tak Gerus Elektabilitas PDIP

Kompas.tv - 1 April 2023, 05:00 WIB
pengamat-sarankan-mitigasi-kemarahan-publik-ke-ganjar-dan-koster-agar-tak-gerus-elektabilitas-pdip
Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disorot imbas Indonesia batal jadi host Piala Dunia U20 2023. (Sumber: Kolase Tribunnews)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sikap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster mengenai Timnas Israel di Piala Dunia U20 2023 dinilai bisa menggerus elektabilitas PDI Perjuangan. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, penilaian tersebut perlu diuji lebih jauh melalui survei tatap muka.

Namun, jika melihat banyaknya komentar negatif warganet kepada Ganjar dan Wayan yang menilai dua tokoh tersebut sebagai pemicu batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, ia menyebutnya sebagai data anecdotal record terhadap kekecewaan publik.

Anecdotal record ini, terangnya, merupakan data pengamatan secara langsung mengenai sikap dan perilaku yang muncul dengan tiba-tiba atau atas peristiwa yang terjadi secara insidental.

Baca Juga: Ditanya soal Ganjar dan Koster Tolak Timnas Israel, Begini Jawaban Jokowi!

Di sisi lain, Muhtadi menjelaskan, pihaknya juga memiliki data 53-59 persen warga Indonesia yang setuju Timnas Israel tetap hadir Piala Dunia U20, karena dianggap sudah lolos kualifikasi.

Angka tersebut diperoleh dari survei terhadap 83 responden melalui telepon pada 22 hingga 27 Maret 2023. 

Menariknya, responden yang menyatakan setuju Timnas Israel tetap hadir kebanyakan adalah pemilih Jokowi dan PDIP di Pemilu 2019. 

Bahkan, responden yang memilih Ganjar Pranowo sebagai presiden jika pilpres diadakan sekarang juga setuju jika Timnas Israel tetap hadir Piala Dunia U20.

Baca Juga: Pengakuan STY Sudah 3,6 Tahun Persiapkan Timnas U20, Kini Mimpi itu Hancur, Malah Bikin Sakit Hati



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.