Kompas TV nasional hukum

Rafael Alun Jadi Tersangka, Pukat UGM: Bisa Jadi Pintu Masuk untuk Pembersihan Total di Kemenkeu

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 22:32 WIB
rafael-alun-jadi-tersangka-pukat-ugm-bisa-jadi-pintu-masuk-untuk-pembersihan-total-di-kemenkeu
Mantan pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/3/2023). Peneliti Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) UGM, Zaenur Rohman, menyebut penetapan Rafael sebagai tersangka, menjadi pintu masuk untuk pembersihan total di Kementerian Keuangan. (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peneliti Pusat Kajian Antikorupsi atau Pukat UGM, Zaenur Rohman, menyebut penetapan eks pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo, bisa menjadi pintu masuk untuk melakukan pembersihan total di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Seperti diketahui Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, telah menetapkan Rafael sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi.

"Kita berharap RAT (Rafael Alun Trisambodo) ini menjadi pintu masuk pembersihan total (di Kemenkeu)," kata Zaenur dalam Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Jumat (31/3/2023). 

"Kasus RAT ini harus menjadi pintu masuk untuk kasus-kasus lain."

Dia pun menyinggung 69 pegawai Kemenkeu yang berharta tidak wajar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), di mana mayoritas berasal dari Ditjen dan Ditjen Bea Cukai.

"Tentu itu harus menjadi fokus selanjutnya, setelah RAT berhasil diungkap KPK," tegasnya.

Kasus yang menyedot perhatian masyarakat ini, kata Zaenur, jangan sampai berhenti pada Rafael namun harus dilanjutkan untuk membersihkan secara tuntas persoalan-persoalan di Kemenkeu.

Pasalnya, menurut dia, persoalan kasus korupsi di internal kementerian tersebut tidak hanya terjadi kali ini saja.

"Korupsi di internal Kemenkeu dari dulu, bukan sekarang saja, kita ingat ada kasus Angin Prayitno, Gayus Tambunan," ujarnya. 

Baca Juga: Geledah Rumah Rafael Alun, KPK Sita Uang dan Puluhan Tas Mewah Merek Luar Negeri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.