Kompas TV advertorial

Yuk Ketahui Persyaratan dan Penerimaan Mahasiswa Baru di Sampoerna University

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 19:49 WIB
yuk-ketahui-persyaratan-dan-penerimaan-mahasiswa-baru-di-sampoerna-university
(Sumber: Sampoerna University)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV - Proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh perguruan tinggi setiap awal tahun akademik, termasuk Sampoerna University. Dalam pelaksanaannya, PMB seringkali melibatkan berbagai jalur seleksi dan bergantung pada kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) biasanya memiliki tiga jalur seleksi untuk calon mahasiswa, yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri. Sedangkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) memiliki berbagai jalur seleksi PMB, seperti jalur prestasi (tanpa tes), jalur tes, jalur undangan melalui kerja sama dengan sekolah, dan sebagainya.

Sampoerna University menyederhanakan proses pendaftaran calon mahasiswa baru dengan hanya tiga langkah mudah. Langkah pertama adalah mengisi formulir pendaftaran, kemudian membayar biaya pendaftaran, dan langkah terakhir adalah mengikuti tes latihan yang digunakan untuk mempersiapkan ujian penempatan.

 

Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru di Sampoerna University

Berikut ini adalah persyaratan untuk menjadi mahasiswa baru di Sampoerna University. Sebelumnya, ada beberapa alasan mengapa kamu harus memilih Sampoerna University daripada universitas lain.

Mengapa Sampoerna University?

Sampoerna University adalah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pendidikan internasional unggul dengan standar kurikulum Amerika Serikat. Hal ini menjadikan Sampoerna University sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang menerapkan standar kurikulum penuh dari Amerika Serikat.

Selain itu, Sampoerna University juga bekerja sama dengan University of Arizona untuk menawarkan program gelar ganda yang memungkinkan mahasiswa belajar selama 4 tahun di Jakarta dengan kurikulum Amerika Serikat dan lulus dengan dua gelar, yaitu gelar Sarjana AS dari University of Arizona dan gelar Sarjana (S1) dari Sampoerna University.

Syarat dan Prosedur Pendaftaran Sampoerna University

Prosedur pendaftaran di Sampoerna University dimulai dengan pembukaan penerimaan mahasiswa baru pada setiap tahun ajaran, di mana universitas bersaing untuk menarik minat calon mahasiswa. Sampoerna University mengundang calon mahasiswa yang berprestasi dan memiliki motivasi tinggi untuk bergabung.

Proses pendaftaran di Sampoerna University, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan, antara lain:

  • Ijazah SMA atau setingkat dengan kurikulum nasional kelas 12
  • IB Diploma
  • Ijazah setingkat SMA atau penyelesaian sekolah menengah asing yang diakui lainnya
  • Kemampuan bahasa Inggris
  • Sampoerna University juga menyediakan Basic Placement Test dan Advanced Placement Test dalam bahasa Inggris sebagai bagian dari proses pendaftaran.
  • Kamu dapat melewati Basic Test jika kamu memiliki skor TOEFL IBT minimal 5,5 atau IELTS minimal 6,5.
  • Nilai SAT (Bahasa Inggris dan Matematika) yang memenuhi threshold atau ambang batas tertentu, kamu dapat melewati kedua tes penempatan dan memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri pada program Sampoerna University Merit Award (SUMA).

Setelah memenuhi persyaratan pendaftaran mahasiswa di Sampoerna University, langkah selanjutnya adalah mendaftar. Ada tiga tahap dalam proses ini, dimulai dari mengisi formulir pendaftaran, membayar biaya pendaftaran, dan mengikuti tes latihan untuk mempersiapkan ujian penempatan.

(Sumber: Sampoerna University)

Proses Pendaftaran Mahasiswa Sampoerna University

Proses Pendaftaran

Untuk mendaftar di Sampoerna University, kamu perlu melalui tiga tahapan, yaitu:

Pertama, kamu harus mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan, termasuk Visa Pelajar dan dokumen lainnya untuk calon mahasiswa internasional. Semua dokumen tersebut harus diserahkan ke Kantor Penerimaan atau Admissions Office. Untuk informasi lebih lanjut tentang mengisi formulir pendaftaran SU, kamu bisa mengunjungi tautan berikut ini.

Biaya Pendaftaran

Tahap kedua adalah membayar biaya pendaftaran setelah formulir pendaftaran diverifikasi. Kantor penerimaan akan memberikan informasi tentang biaya pendaftaran, yang mencakup biaya untuk mendaftar ke Broward College dan biaya tes penempatan.

Latihan Tes



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.