Kompas TV nasional politik

Jokowi Lantik Menpora dan Kepala BNPT Minggu Depan, PPP Prediksi Reshuffle Paling Lama usai Lebaran

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 19:01 WIB
jokowi-lantik-menpora-dan-kepala-bnpt-minggu-depan-ppp-prediksi-reshuffle-paling-lama-usai-lebaran
Presiden Jokowi dalam acara peresmian Depo Kereta Api Maros di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat akan melantik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) serta kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). 

Diketahui Zainudin Amali mundur dari jabatan Menpora dan memilih fokus sebagai wakil ketua umum PSSI. Sedangkan Kepala BNPT Boy Rafli Amar sudah masuk masa pensiun. 

Presiden Jokowi menyatakan pergantian menteri akan dilakukan minggu depan. Namun ia tidak menyebutkan waktu spesifik kapan pelantikan Menpora dan kepala BNPT akan dilakukan.

"Minggu depan. Nanti (nama yang akan dilantik). Minggu depan," ujar Jokowi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga: [FULL] Bawa Surat dari Presiden FIFA, Erick Thohir Lapor ke Presiden Jokowi

Adapun posisi Menpora sementara dipegang Menko PMK Muhadjir Effendy. Sedangkan Boy sudah dimutasi ke posisi pati Densus 88 menjelang akhir masa bakti.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sendiri telah merekomendasikan Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai kepala BNPT yang baru menggantikan Boy.

Sementara DPP PPP yang menjadi partai pendukung pemerintah memprediksi pergantian menteri di Kabinet Indonesia Maju akan dilakukan paling lama setelah Hari Raya Idulfitri 1444 H. 

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menilai jika dilihat dari kebiasaan, Presiden Jokowi tidak pernah mengganti atau melantik menteri di bulan Ramadan. 

Baca Juga: Indonesia Dicoret Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, PLT Menpora: Jangan Lama Bersedih atas Keputusan FIFA

Ia memprediksi Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet setelah Lebaran. 

Namun, Baidowi tetap menyerahkan keputusan kepada Presiden Jokowi karena pergantian menteri merupakan hak prerogatif Kepala Negara. 

"Kalau dilihat dari Jokowi, reshuffle itu akan dalam waktu dekat ya, segera bahasa beliau. Tapi, sinyalnya sangat kuat," ujar Baidowi, Jumat (31/3/2023).

"Kalau PPP memprediksi paling lama setelah Lebaran sebagaimana kebiasaan sebelumnya. Biasanya reshuffle dilakukan setelah Lebaran," imbuhnya.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.