Kompas TV regional berita daerah

Dua ODGJ Dikurung Dibawa Ke Panti Rehabilitasi Untuk Penanganan Layak

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 15:16 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Nasib dua ODGJ atau orang dalam gangguan jiwa yang dikurung di sebuah tempat berukuran kecil di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akhirnya dibawa ke panti rehabiltasi. Satu diantaranya di kurung di dalam kandang yang terbuat dari besi dengan kondisi duduk, ini terjadi di Kampung Cilarangan, Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

ODGJ berinisial Mul sudah 5 bulan terpaksa dikurung oleh keluarganya di dalam kerangkeng karena kerap mengamuk, hingga tak segan-segan melakukan aksi kekerasan terhadap keluarganya. Selain Mul, pihak panti juga mengevakuasi satu pasien ODGJ lainnya berinisial BS. ODGJ ini ditemptakan di sebuah gubuk kayu, yang sudah terkurung selama 2 tahun.

Setelah mendapatkan laporan dari warga, Pemerintah Desa bersama Kepolisian dan juga pekerja sosial langsung mendatangi tempat kedua ODGJ yang dikurung untuk di bawa ke panti rehabilitasi. Menurutnya, itu semua dilakukan akibat minimnya pengetahuan masyarakat bagaimana cara yang baik untuk melakukan penanganan terhadap ODGJ.

Untuk mendapatkan penanganan khusus kedua ODGJ itu, kini akan di rehabilatasi di panti Aura Welas Asih Sukabumi, Jawa Barat.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x