Kompas TV nasional peristiwa

Profil Danjen Kopassus Deddy Suryadi, Mantan Ajudan Presiden Jokowi

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 14:37 WIB
profil-danjen-kopassus-deddy-suryadi-mantan-ajudan-presiden-jokowi
Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Deddy Suryadi yang sebelumnya merupakan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Deddy Suryadi yang sebelumnya merupakan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menunjuk Deddy menggantikan Mayjen TNI Iwan Setiawan sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/338/III/2023 tertanggal 29 Maret 2023.

Promosi Mayor Jenderal Deddy Suryadi untuk memimpin Kopassus itu merupakan bagian dari mutasi 219 personel di tubuh TNI.

Yudo Margono menerangkan, mutasi ini sesuai dengan hasil Sidang Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) pada 29 Maret 2023. 

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, dan seluruh Kepala Staf di TNI telah mengirimkan surat usulan.

Sebelum diangkat menjadi Danjen Kopassus, Deddy pernah menjabat Kepala Staf Korem 061/Suryakancana Bogor, Kepala Staf Korem 061/Suryakencana, dan Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta.

Baca Juga: Mutasi TNI, Panglima Tunjuk Brigjen Deddy Suryadi Jadi Danjen Kopassus Gantikan Mayjen Iwan Setiawan

Kemudian, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Danjen Kopassus dan Kepala Staf Kodam IV/Diponegoro.

Deddy Suryadi menyelesaikan pendidikan Akademi Militer (Akmil) Tahun 1996 dan pernah menjadi lulusan terbaik pendidikan reguler XLVIII Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) pada 2010.

Sebelum Deddy, ajudan Presiden Jokowi pada 2014-2016 Mayjen Widi Prasetijono, juga menjadi Danjen Kopassus mulai 31 Januari 2022 hingga 8 April 2022. 

Melesatnya karier para perwira di sekitar Joko Widodo juga tampak pada karier Mayjen Mohamad Hasan yang kini menjabat Panglima Kodam Jaya. 

Hasan menjadi Danjen Kopassus mulai 26 Agustus 2020 hingga 9 Desember 2021 dan Danrem Suryakencana pada 2018 hingga 2019. Ia adalah Komandan Grup A Paspampres yang melekat dengan Presiden Jokowi pada 2016-2018.

Baca Juga: Mutasi Polri, Kapolri Tunjuk Irjen Karyoto Gantikan Irjen Fadil Imran Jadi Kapolda Metro Jaya

Beberapa mutasi lain yang tercantum dalam surat keputusan Panglima TNI Kep/338/III/2023 itu, yakni penunjukan Marsda TNI M. Tawakal S. Sidik sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI menggantikan Marsda TNI Jemi Trisonjaya, yang selanjutnya akan menjabat Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau).

Kemudian, Laksma TNI Julius Widjojono meninggalkan jabatan Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) untuk diangkat menjadi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI.

Julius menggantikan Laksda TNI Kisdiyanto, yang selanjutnya menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Politik Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI. 

Mayjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno yang sebelumnya menjadi Pejabat Tenaga Ahli Pengkaji Bidan Politik Lemhannas akan memasuki masa pensiun.

Selanjutnya, jabatan Kadispenal akan diduduki oleh Kolonel Laut (P) I Made Wira Hady Arsanta, yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Operasi Pengajaran Sekolah Staf dan Komando AL (Kaopsjar Seskoal).


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.id/antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x