Kompas TV nasional politik

Fahri Hamzah soal Piala Dunia U20 Batal di Indonesia: Padahal Jokowi Kasih Panggung FIFA di G20

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 14:30 WIB
fahri-hamzah-soal-piala-dunia-u20-batal-di-indonesia-padahal-jokowi-kasih-panggung-fifa-di-g20
Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah tidak menyangka dengan keputusan FIFA membatalkan gelaran Piala Dunia U20 2023 di Indonesia.  (Sumber: Twitter @Farhrihamzah)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah tidak menyangka dengan keputusan FIFA membatalkan gelaran Piala Dunia U20 2023 di Indonesia. 

Eks politis PKS itu menilai keputusan mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 tidak lepas dari hal-hal politis. 

Bahkan, Fahri menyoroti momen Presiden FIFA diberikan panggung untuk berpidato di acara G20 2022 lalu di Bali.

Baca Juga: Analisa Faktor yang Membuat FIFA Batalkan Piala Dunia U20, Pengamat: Mana Surat Pembatalan Drawing?

"Saya tidak pernah menyangka bahwa FIFA akan bertindak seperti ini kepada Indonesia, mengingat bahwa pada event paling penting G20 yang berlangsung di Bali tahun lalu," kata Fahri Hamzah, Jumat (31/3/2023) dikutip dari Tribunnews. 

"Presiden Jokowi telah memberikan tempat yang sangat istimewa bagi Presiden FIFA dan bahkan menyampaikan pidato yang khusus di depan para pemimpin dunia," ujarnya. 


 

Menurut Fahri, pemerintah Indonesia harus mencari alasan fundamental apa yang membuat FIFA mencoret Indonesia pada saat turnamen akan digelar kurang dari dua bulan. 

Baca Juga: Palestina Sesalkan Indonesia Dicopot jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Ungkap Standar Ganda FIFA

Piala Dunia U20 2023 sendiri dijadwalkan berlangsung mulai 20 Mei-11 Juni. 

"Kalau FIFA bermain politik, memang selama ini FIFA selalu berkait dengan politik, di Qatar FIFA melarang Rusia bermain atas argumen invasi kepada Ukraina. Padahal yang menginvasi Ukraina itu adalah politisi Vladimir Putin tapi klub sepakbola jadi korban. Sama juga dengan kasus Israel," ujar Fahri.

"Jadi adalah tugas PSSI dan pemerintah untuk memberikan kejelasan kepada masyarakat agar menjadi jelas ada apa di balik semua ini," ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Bali: Mari Doakan Timnas Israel Dicoret FIFA dari Piala Dunia U20 2023

 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.