Kompas TV nasional peristiwa

Antisipasi Sanksi FIFA, Presiden Jokowi Masih Tunggu Kedatangan Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 11:41 WIB
antisipasi-sanksi-fifa-presiden-jokowi-masih-tunggu-kedatangan-ketua-umum-pssi-erick-thohir
Ketua Umum PSSI Erick Thohir tiba di Qatar, Rabu (29/3/2023) untuk melakukan negosiasi dengan FIFA terkait kepastian penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023. (Sumber: Tangkapan Layar Instagram Erick Thohir)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

BOGOR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku masih menunggu kedatangan Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk mengantisipasi sanksi FIFA usai Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Jumat (31/3/2023).

"Ya itu nanti setelah saya ketemu Pak Erick seperti apa, ya belum tahu, sudah datang atau belum tadi malam atau tadi pagi," kata Presiden Jokowi kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3).

"Katanya kalau sudah datang akan langsung melaporkan ke saya," ujarnya.

Sementara itu, Erick Thohir mengunggah gambar hitam di akun Twitternya pada Kamis (30/3/2023) malam.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi memerintahkan Erick Thohir agar bertolak ke Doha, Qatar, Rabu (29/3) untuk bertemu dan melobi Presiden FIFA Gianni Infantino secara langsung.

Erick mengaku telah berjuang secara maksimal untuk mempertahankan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Saya sudah berjuang maksimal," ujar Erick Thohir dari Doha, Qatar, Rabu (29/3/2023).

Baca Juga: Soal Sanksi Dua Gubernur yang Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Jokowi: Ini Negara Demokrasi

"Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," kata Ketum PSSI itu. 

Ia menambahkan, keputusan FIFA sebagai lembaga tertinggi sepak bola dunia dengan 211 anggota dari berbagai negara itu tidak bisa ditolak lagi. 

"Indonesia adalah salah satu anggota FIFA, sehingga untuk urusan sepakbola internasional, kita harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan," kata pria yang juga Menteri BUMN itu.

"Meskipun saya tadi sudah menyampaikan segala hal kepada Gianni, apa yang dititipkan Presiden, pecinta sepakbola, anak-anak timnas U-20, dan juga suporter setia sepakbola, tapi karena kita anggotanya dan FIFA menilai situasi saat ini tidak bisa dilanjutkan penyelenggaraannya, maka kita harus tunduk," kata Erick.

Baca Juga: 3 Pernyataan Erick Thohir Usai FIFA Copot Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20: Janji Tegar


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x