Kompas TV nasional peristiwa

Buruan Daftar! Polri Gelar Mudik Gratis Lebaran untuk 20.000 Orang, Ini Tujuan Lokasi dan Syaratnya

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 05:30 WIB
buruan-daftar-polri-gelar-mudik-gratis-lebaran-untuk-20-000-orang-ini-tujuan-lokasi-dan-syaratnya
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo (tengah) bersama jajarannya di Mabes Polri, Jumat (17/2/2023). (Sumber: Dok Divisi Humas Mabes Polri)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polri menggelar program mudik gratis pada hari raya Idulfitri atau Lebaran 2023 dengan menargetkan sebanyak 20 ribu orang yang akan diberangkatkan ke kampung halamannya masing-masing.

Adapun program mudik gratis Polri Presisi 2023 ini digelar dengan sejumlah lokasi tujuan mudik yang berada di daerah-daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca Juga: PT PLN Gelar Mudik Gratis Lebaran 2023 untuk 10 Ribu Peserta, Simak Syarat Pendaftarannya

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya bakal menyediakan sebanyak 500 unit bus untuk mengangkut para pemudik yang terdaftar dalam program mudik gratis kali ini.

“Informasi dari Korlantas Polri menyiapkan 500 bus, dengan target 20 ribu pemudik,” kata Dedi saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Dedi menyebutkan, selain Korlantas Polri, program mudik gratis Polri Presisi juga diselenggarakan oleh Polda Metro Jaya yang keberangkatannya dilaksanakan dari lapangan Monas, Jakarta Pusat pada 18 dan 19 April 2023.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis tersebut, dapat melakukan pendaftaran yang sudah dibuka sejak Rabu (29/3/2023) dan ditutup pada 12 April 2023.

Adapun lokasi pendaftaran terdapat di seluruh Samsat, Gerai Samsat, dan Gerai SIM wilayah Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Pemprov Jatim Gelar Mudik Gratis ke 20 Kabupaten/Kota, Siapkan 161 Bus dan 1 Kapal Laut

Pendaftar wajib melengkapi persyaratan, yakni membawa fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK) masing-masing sebanyak satu lembar. Pendaftaran dapat diwakilkan keluarga dalam satu KK.

Adapun lokasi pendaftaran mudik gratis Polri Presisi di Samsat DKI Jakarta ada di Samsat Jakarta Pusat, Samsat Jakarta Utara, Samsat Jakarta Barat, Samsat Jakarta Selatan dan Samsat Jakarta Timur.

Untuk samsat penyangga ada di Samsat Kota Tangerang, Samsat Ciledug, Samsat Serpong, Samsat Ciputat, Samsat Kelapa Dua, Samsat Kota Bekasi, Samsat kabupaten Bekasi, Samsat Bekasi, Samsat Kota Depok dan Samsat Cinera.

Sedangkan lokasi pendaftaran mudik gratis di Satpas, untuk wilayah DKI Jakarta terdapat di Satpas Polda Metro Jaya, Satpas Jakarta Pusat, Satpas Jakarta Utara, Satpas Jakarta Selatan, Satpas Jakarta Timur.

Kemudian Satpas penyangga ada di Satpas Polres Metro Tangerang Utara, Satpas Polres Metro Bekasi Kota, Satpas Polres Metro Bekasi, Satpas Polres Metro Depok, dan Satpas Polres Metro Tangerang Selatan.

Baca Juga: Gelar Mudik Gratis 2023, Pemprov DKI Jakarta Sediakan 19 Ribu Kuota Pemudik

Berikut kota-kota tujuan mudik gratis Polri Presisi tahun 2023:

1. Jawa Barat

  • Jalur Utara (Indramayu dan Majalengka)

  • Jalur Selatan (Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Sumedang)

2. Jawa Tengah

  • Jalur Utara (Brebes, Selawi, Pemalang, Batang, Kendal, Demak, Purwodadi, Klaten, Karanganyar, Boyolali, Sragen, Sukoharjo)

  • Jalur Selatan (Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Cilacap, Kebumen, Kulonprogo, Sleman, Gunung Kidul, Bantul)

  • Jalur Utara - Timur (Jepara, Pati, Blora)

3. Jawa Timur

  • Jalur Utara (Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Situbondo, Lumajang, Jember, Banyuwangi dan wilayah Malang Raya)

  • Jalur Selatan (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Nganjuk)


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.