Kompas TV olahraga sepak bola

Hokky Kecewa Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20: Saya Udah Ninggalin Sekolah 3 Tahun

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 22:13 WIB
hokky-kecewa-indonesia-batal-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u20-saya-udah-ninggalin-sekolah-3-tahun
Hokky Caraka, penyerang timnas U20 Indonesia, dalam dialog bersama Rosi di Kompas TV, Kamis (30/3/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hokky Caraka, penyerang Timnas U20 Indonesia, mengaku tak tahu harus bagaimana setelah FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Dalam program Rosi yang ditayangkan Kompas TV, Kamis (30/3/2023) malam, Hokky mengatakan dia mengkhawatirkan masa depan Indonesia di sepak bola dunia. Pria asal Yogyakarta itu khawatir Indonesia akan dilarang bermain (banned) oleh FIFA.

“Kalau kita melanggar amanah atau tanggung jawab dari FIFA, pasti kita kena sanksi. Jadi saya sendiri takutnya Indonesia di-banned lagi dari FIFA,” kata Hokky.

Baca Juga: Rabbani Tasnim: Kita Nggak Ngerti Politik, Kita Cuma Main Bola di Piala Dunia U20 2023

Jika Indonesia dijatuhi sanksi larangan bermain oleh FIFA, kata dia, para pemain sepak bola akan terdampak. Hokky sendiri mengaku sudah tiga tahun meninggalkan sekolah demi bisa berlatih sepak bola.

“Pemain sepak bola nggak bisa cari duit lagi, nggak bisa nafkahi keluarga. Kan kita ninggalin sekolah demi Garuda di Dada. Saya sendiri udah ninggalin sekolah tiga tahun demi Indonesia,” ungkap dia.

“Kalau ini di-banned saya nggak punya ilmu apa-apa. Nggak punya bekal untuk menjadi profesi apa. Soalnya kita tiga tahun cuma ngerjain tugas terus, nggak tahu gimana isinya pembelajaran. Ya itulah, pengorbanan.”

Kata Hokky, tak hanya pemain, seluruh pihak yang terlibat juga akan terdampak atas pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 dan sanksi yang akan diberikan FIFA.

“Kalau nggak di-banned FIFA, kan kita masih bisa main bola di liga, kita masih bisa cari duit lah. Kalau misal udah di-banned, nggak cuma pemain bola sih menurut saya, wasit, official staff, fisioterapi, dokter olahraga, mungkin itu sih yang pasti banyak yang terdampak,” ujar Hokky Caraka.

Baca Juga: Sedihnya Hugo Samir, Mimpi Lawan Brasil di Piala Dunia U20 Pupus

Diberitakan sebelumnya, FIFA secara resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20, Rabu (29/3/2023). Dalam keterangannya, FIFA menyebutkan akan menjatuhkan sanksi kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Potensi sanksi terhadap PSSI juga akan diputuskan pada tahap selanjutnya,” tulis FIFA, Rabu.

Berdasarkan laporan The Associated Press, FIFA mungkin saja mengeluarkan Indonesia dari kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 2026. Namun, hal itu belum diputuskan oleh FIFA.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.