Kompas TV regional jawa timur

Setup Salak Kayu Manis, Minuman Khas Ramadan

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 21:55 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANGKALAN, KOMPAS.TV - Buah salak bisa diolah menjadi minuman hangat menyegarkan yang cocok disajikan untuk buka puasa. Minuman buah salak di daerah Madura dikenal dengan nama setup salak. Cara membuatnya cukup praktis dan mudah dilakukan di rumah.

Setup salak masih banyak dibuat oleh warga Kabupaten Bangkalan Jawa Timur, terutama saat bulan puasa. Minuman ini biasanya disajikan saat berbuka puasa dan usai shalat tarawih.

Bahan dasar minuman tradisional ini adalah buah salak, yang mudah didapatkan di pasar atau pedagang kaki lima di pinggir jalan. Selain buah salak, minuman ini juga menggunakan kayu manis untuk menambah aroma segar pada minuman.

Baca Juga: Tarik Minat Pembeli, Penjual Takjil Es Pisang Ijo Berkostum Badut

Pembuatannya cukup mudah, pertama kupas buah salak dan buang bijinya. Lalu potong kecil-kecil dan cuci dengan air bersih. Rebus potongan buah salak dalam panic bersama potongan kayu manis selama 15 menit. Lalu tambahkan gula pasir secukupnya.

Jika sudah mendidih, setup salak siap disajikan. Minuman ini bisa disajikan dingin atau hangat, tergantung selera.

Baca Juga: Es Sirup Rempah, Minuman Segar Tingkatkan Imun Tubuh

Segarnya buah salak dan aroma kayu manis memunculkan sensasi kesegaran saat dinikmati. Bagi anda bosan konsumsi buah salak, kini bisa mengolahnya menjadi minuman.

 

#setupsalak #buahsalak #kayumanis #minumanberbukapuasa #bangkalan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x