Kompas TV nasional hukum

Tangkap Pemotor Potong Konvoi Mobil Jokowi, Polisi: Tak Diproses Hukum, Kami Lakukan Pembinaan

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 20:36 WIB
tangkap-pemotor-potong-konvoi-mobil-jokowi-polisi-tak-diproses-hukum-kami-lakukan-pembinaan
Kolase saat rombongan mobil Jokowi akan meninggalkan Pasar Terong lewat Jl Gunung Bawakaraeng dan tangkap layar rekaman video pemotor memotong jalur mobil RI 01, Rabu (29/3/2023) sore. (Sumber: Kolase Tribun Timur. )
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polisi telah mengamankan pengendara motor JD alias Darul (18), pengendara motor yang memotong jalur konvoi mobil Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Tak hanya Darul, polisi juga turut mengamankan Haikal dan Muh Fikri yang meminjamkan dan membongkar motor racing yang digunakan.

"Ada tiga yang diamankan, ada yang punya motor, dan satu pelaku yang menerobos kendaraan konvoi kendaraan presiden," kata Kanit Resmob Ditreskrimum Polda Sulsel Kompol Dharma Negara, Kamis (30/3/2023), dikutip dari Kompas.com.

Sementara itu, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto menyebut motor yang dipinjam Darul dari temannya itu rencananya bakal digunakan untuk ajang balap liar.

Budi menjelaskan, saat itu Darul tidak mengetahui ada mobil rombongan orang nomor satu di Indonesia saat melawan arus.

"Pengendara tidak tahu bahwa ada rombongan Presiden, dia menerobos melanggar arus lalu lintas dengan melawan arus," jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, waktu berpapasan dengan mobil rombongan Jokowi, Darul yang mengaku kaget langsung memotong iring-iringan tersebut.

Meski demikian, Budhi menyebut, dalam perkara tersebut tidak akan dilakukan proses hukum, melainkan pembinaan oleh aparat.

Baca Juga: Pengendara Motor Potong Jalur Konvoi Mobil Jokowi, Istana Jelaskan Kejadiannya

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Perintah Bapak Presiden tidak usah diproses hukum, namun kita akan lakukan pembinaan," tegasnya.

"Bapak Presiden menginginkan lebih mengaktifkan sosialisasi terhadap bagaimana orang berkendara dengan tertib sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lainnya," imbuhnya.


Sebelumnya, beredar video di media sosial yang menunjukkan aksi seorang pengendara motor memotong jalur konvoi mobil Presiden Jokowi di Kota Makassar, pada Rabu (29/3/2023).

Dalam rekaman video diperoleh Tribun Timur itu, pengendara memotong iring-iringan tepat di depan mobil yang ditumpangi Kepala Negara. 

Lalu, mobil Presiden sempat terhenti sejenak ketika ada motor yang menyeberang di depannya. 

Pengendara itu tampak tidak menggunakan helm dan terdengar menggunakan knalpot yang tidak standar. 

Baca Juga: Jokowi Sebut Jakarta Terlambat 30 Tahun Bangun Transportasi Publik: Pagi hingga Malam Macet

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x