Kompas TV regional jawa barat

Ciptakan Lapangan Kerja Bagi Warga Pesisir Utara Karawang

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 16:07 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

KARAWANG, KOMPAS.TV - Berbekal pengetahuan yang didapatkan dari sekolah kesetaraan paket C dan dibantu guru pendidik PKBM, atau penyelenggara kelompok belajar masyarakat Assolahiyah Cilamaya Kulon, sekelompok remaja ini menciptakan aplikasi pesan antar.

Aplikasi pesan antar ini diberinama “sakurir” diciptakan sekelompok remaja pesisir utara karawang, tepatnya Dusun Cilempung, Desa Pasir Jaya Kecamatan Cilamaya Kulon. Aplikasi ini melayani sejumlah jasa pesan antar, seperti jasa antar barang, jemput barang, serta jasa pesan antar makanan, hingga jasa ojek.

Aplikasi ini masih sangat sederhana dan baru melayani lingkup antar kecamatan, di wilayah pesisir utara Karawang dan Subang. Meski masih sangat sederhana, namun respon masyarakat cukup bagus. Dalam sehari lebih dari 100 warga menggunakan jasa pesan antar melalui aplikasi buatan remaja pesisir Karawang ini.

Karena masih sangat sederhana, sering kali aplikasi bermasalah dan tidak bisa diakses. Namun karena aplikasi sudah cukup familiar dan para pengguna aplikasi sudah dikenal, sehingga saat aplikasi bermasalah warga bisa menggunakan alternatif jasa pesan antar ini, melalui whatss app pemilik aplikasi.

Dari hasil karya remaja ini bisa menciptakan lapangan kerja bagi puluhan warga pesisir utara Karawang. Rata-rata penghasilan mereka dalam sehari 200 hingga 500 ribu rupiah. Aplikasi "sakurir" dibangun atas kecerdikan remaja dalam menangkap peluang usaha di tengah sulitnya mencari pekerjaan pasca pandemi covid 19.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG :https:www.instagram.comkompastvjabar

Youtube :https:www.youtube.comckompastvjaw...

Twitter :https:www.twitter.comkompastv_jabar

Facebook :https:www.Facebook.comkompastvjabar

 

kompas, berita kompas, berita kompastv, kompas news, kompastv, kompas tv, kompastv live streaming, kompas tv live streaming, live streaming, indonesia, news, youtube news, berita terbaru hari ini, viral terbaru, breaking news, live news, berita terkini, top news

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x