Kompas TV regional bali nusa tenggara

Siswa SLB Negeri 1 Denpasar Ikuti Ujian

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 15:31 WIB
Penulis : KompasTV Dewata


DENPASAR, KOMPAS TV - Keterbatasan fisik tidak menjadi halangan bagi sejumlah siswa untuk menempuh ujian sekolah. Seperti terlihat di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Denpasar ini ada 19 orang siswa kelas 12 dengan penuh semangat mengikuti ujian akhir sekolah tahun ajaran 2022 - 2023. Dari 19 orang siswa yang berkebutuhan khusus tersebut diantaranya 15 orang siswa penyandang tuna grahita dan 4 orang siswa tuna netra.

Ujian tulis di SLB Negeri 1 Denpasar sudah berlangsung sejak Senin (27/3) lalu dan berakhir pada jumat 31 Maret 2022. Sedangkan ujian praktik siswa SLB  akan dilakukan 3 hari mulai Senin hingga Rabu pekan mendatang. Di Bali seluruh SLB memiliki kesamaan dalam sistem penilaian dan metode ujian. Bagi peserta didik penyandang tuna netra ataupun tunagrahita, soal ujian pun diturunkan sesuai dengan kemampuan, dan metode ujian yang dikorelasikan dengan huruf braile.

Salah satu siswa peserta ujian dengan penyandang tuna netra, Ni Komang Yuni Lestari mengatakan, selama mengikuti ujian akhir sekolah ini ia tidak mengalami kendala, untuk bisa menjawab soal ujian. Sebelumnya ia mempersiapkan diri dengan kembali mengingat dan membaca materi. Ia bercita-cita akan melanjutkan kesekolah ilmu politik jika lulus nantinya.

Di SLB Negeri 1 Denpasar, secara keseluruhan menaungi siswa siswi jenjang pendidikan yang mengalami kebutuhan khusus diantaranya tuna netra, tidak memiliki kemampuan melihat, tuna rungu-tidak dapat bicara,dan tuna grahita atau autisme yakni kekurangan intelektual atau keterbelakangan mental dan lambat belajar.

 

 

 

 

 

 

#SLBN1denpasar   #ujianakhir  #pemkotdenpasar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.