Kompas TV regional bali nusa tenggara

Kapal Pembersih Sampah Laut Beroperasi Di Perairan Bali

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 13:45 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Dijelaskan oleh Staf Ahli Kemenko Marves Bidang Sosio-Antropologi, Basilio D. Araujo, kapal pembersih sampah laut Mobula 8 akan beroperasi selama kurang lebih 1 tahun, di perairan Bali, Labuan Bajo, hingga Raja Ampat Nusa Tenggara Timur.

Dipilihnya 3 wilayah tersebut selain menjadi perhatian pariwisata dunia, juga adanya pola arus laut yang membawa sampah laut dari perairan Sulawesi menuju kutub selatan, melintasi wilayah tersebut. Keberadaan kapal ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam penanganan sampah laut, serta tindak lanjut dari nota kesepahaman Indonesia dengan sebuah lembaga nirlaba asal prancis, Seacleaners.

Kapal ini nantinya akan membersihkan sampah laut bekerjasama dengan sejumlah LSM di Indonesia. Pemerintah juga berharap adanya transfer teknologi dalam pembuatan kapal tersebut, sehingga Indonesia bisa secara mandiri menangani sampah laut.

 

 

 

 

 

 

#seacleaners  #pembersihsampahlaut  #mobula8



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.