Kompas TV olahraga sepak bola

Daftar Pemda yang Sudah Menyiapkan Piala Dunia U20 2023 Namun Batal Digelar

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 14:16 WIB
daftar-pemda-yang-sudah-menyiapkan-piala-dunia-u20-2023-namun-batal-digelar
Media iklan elektronik untuk menghitung mundur Piala Dunia U20 2023 berada di kantor PSSI yang berada di GBK Arena, Jakarta, Minggu (26/3/2023). (Sumber: KOMPAS/MUHAMMAD IKHSAN MAHAR)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Fadhilah

KOMPAS.TV - Sebanyak enam daerah di Indonesia sudah siap menggelar Piala Dunia U20 2023.

Namun perhelatan tersebut batal terlaksana setelah Indonesia dicoret jadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Dikutip dari Kompas.id, Kamis (30/3/23), enam Pemerintah Daerah (Pemda) telah menandatangani perjanjian kota tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dengan FIFA.

Keenamnya adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, Pemprov Bali, Pemprov Sumatera Selatan, Pemkot Surakarta (Jawa Tengah), dan Pemkot Surabaya (Jawa Timur).

Pada Rabu (29/3), FIFA mengabarkan telah mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah ajang itu karena situasi saat ini.

Kabar itu tidak terlepas dari banyaknya penolakan Timnas Israel sebagai salah satu peserta ajang tersebut.

Sekira 100 hari jelang Piala Dunia U-20 2023, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah memasang baliho dan spanduk logo turnamen itu di halaman kantor Kemenpora di kawasan Senayan, Jakarta. 

Media promosi serupa, termasuk maskot Piala Dunia U20 Indonesia, Bacuya, juga terpasang di kantor PSSI di arena GBK, Senayan.

Baca Juga: Jawaban Waketum PSSI Saat Ditanya Soal Permintaan Maaf Dari yang Menolak Israel di Piala Dunia U20

Berikut daftar pemerintah daerah yang sudah terlanjur melakukan persiapan jadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023:

Surakarta

Surakarta telah menyiapkan kota sebagai lokasi laga final dan upacara penutupan. 

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka aktif mempromosikan Piala Dunia U-20 2023.

Gibran sempat mengatakan, pihaknya masih menunggu lampu hijau dari Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir. 

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta Rini Kusumandari menambahkan, materi promosi itu sudah disiapkan, namun semua persiapan berakhir kandas.

Awalnya, media promosi itu akan mulai menghiasi sudut Kota Surakarta, Sabtu (1/4/2023) atau satu hari setelah pengundian fase grup di Bali yang awalnya dijadwalkan pada Jumat (31/3/2023). 

Jadwal promosi itu akan diatur ulang seiring pembatalan agenda pengundian penyisihan grup.

Surabaya

Beralih ke Surabaya, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengungkapkan, pihaknya akan menyelenggarakan ajang bertajuk Road to World Cup untuk memeriahkan Piala Dunia U-20 apabila Stadion Gelora Bung Tomo resmi terpilih sebagai arena laga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x