Kompas TV olahraga sepak bola

PSSI Minta Maaf Indonesia Gagal jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Zainudin Amali: Sedih dan Kecewa

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 12:39 WIB
pssi-minta-maaf-indonesia-gagal-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u20-zainudin-amali-sedih-dan-kecewa
Foto arsip Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali. Mewakili PSSI, Zainudin menyampaikan permohonan maaf atas pencopotan status tuan rumah Piala Dunia U20 di Indonesia oleh FIFA. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Desca Lidya)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI Zainudin Amali menemui pemain, tim pelatih serta ofisial Timnas U20 Indonesia pasca-keputusan FIFA mencoret Indonesia dari tuan rumah Piala Dunia U20 2023. 

Mantan Menpora itu mengaku PSSI sangat kecewa dan sedih dengan hal ini. Menurutnya setiap cita-cita pemain bola adalah bermain di Piala Dunia termasuk tingkatan umur atau internasional.

"Kita sangat bersedih dengan keputusan itu, dan kecewa. Saya bisa merasakan apa yang dirasakan oleh pemain Timnas. Kalian (Para pemain Timnas) sudah berusaha untuk menunjukan prestasi terbaik, saya rasa semua pemain bola bermimpi untuk bermain di Piala Dunia meski di kelompok umur atau senior," kata Zainudin dalam tayangan Breaking News Kompas TV, Kamis (30/3/23).

Namun karena batal, kata Zainudin para pemain harus bisa terima dengan keputusan FIFA dan menunggu kedatangan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dari Doha, Qatar untuk memikirkan langkah selanjutnya. 

"Kita harus menerima keputusan itu, semua pemain dan tim pelatih harus tetap tenang sembari menunggu Pak Erick Thohir tiba di Indonesia dan memikirkan langkah selanjutnya."

"Memang ini berat dan mengecewakan tapi ini sudah terjadi, mimpi kita sudah hancur, kita harus mengembalikan lagi kepercayaan FIFA dan semoga ada sanksi berat dari FIFA. Sanksi berat ini yang sangat dikhawatirkan," ucap Zainudin.

Baca Juga: Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Komisi X: Catatan Penting bagi Kemenpora dan PSSI 

Sebelumnya, salah satu penggawa Timnas Indonesia Hokky Caraka mengungkapkan rasa kecewanya setelah Indonesia batal mencatatkan sejarah menjadi tuan rumah piala dunia u20 2023.

Hokky menyinggung para pihak yang pendapatnya berdampak buruk kepada seluruh pemain sepak bola di Indonesia Timnas dan juga PSSI.  

"Jadi pembelajaran saja. Walau dapatnya karena tuan rumah, kita berusaha semaksimal mungkin. Latihan sehari tiga kali. Kalian tidak merasakan bagaimana kerja kerasnya kita," kata Hokky dikutip dari program Kompas Pagi di Kompas TV, Kamis (30/3).

"Jadi tolong kalau mau berpendapat jangan seenaknya sendiri, karena pemain juga terkena dampaknya. Bukan cuma pemain, tetapi semua pemain sepak bola kena dampaknya."

"Harapannya cuma bisa berdoa tidak kena saksi," ungkap striker muda PSS Sleman itu.

Seperti diketahu, FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 pada Rabu (29/3) kemarin.

Keputusan tersebut merupakan buntut dari berbagai penolakan sejumlah pihak di Indonesia terhadap keikutsertaan Timnas Israel pada ajang itu.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U20 World Cup 2023," bunyi pernyataan badan pengatur sepak bola dunia itu.

Baca Juga: Kecewa Indonesia Dicoret dari Tuan Rumah Piala Dunia U20, Politikus PDIP: Lobi PSSI Lemah


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.