Kompas TV olahraga sepak bola

Piala Dunia U20 di Indonesia Batal, Erick Thohir Diminta Fokus Usut Tragedi Kanjuruhan

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 12:26 WIB
piala-dunia-u20-di-indonesia-batal-erick-thohir-diminta-fokus-usut-tragedi-kanjuruhan
Ketum PSSI Erick Thohir lobi langsung ke FIFA dan disebut tidak mudah (Sumber: Kompas/Adrian Fajriansyah)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketum Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI), Ignatius Indro, meminta agar PSSI dan Erick Thohir kembali alihkan fokus untuk ikut mengusut tuntas Tragedi Kanjuruhan demi keadilan para korban usai Indonesia resmi dicopot FIFA jadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Menurut Indro, keadilan buat para korban Tragedi Kanjuruhan masih jauh dari harapan dan hal tersebut bisa jadi cara memperbaiki sepak bola Indonesia. 

Vonis terhadap para terdakwa Tragedi Kanjuruhan juga disebutnya jauh dari rasa keadilan bagi korban. Agar Indonesia tidak lagi jadi sorotan internasional pasca batalnya tuan rumah. 

"Bagaimana blueprint sepak bola Indonesia dan juga bagaimana penanganan kasus Tragedi Kanjuruhan? Vonis-vonis (yang telah dijatuhkan) kemarin tidak memuaskan banyak pihak termasuk kelaurga korban," jelas Indro, Kamis (30/3/2023) di sapa Pagi Indonesia Kompas TV.

Baca Juga: Jokowi Dinilai Harusnya Lebih Awal Antisipasi Ada Gubernur Tolak Israel, Berefek Pildun U20 Batal

Kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, katanya, harus menjadi momentum untuk memperbaiki sepak bola Indonesia.

"Termasuk untuk dibukanya kembali kasus Tragedi Kanjuruhan agar kedepannya tidak terjadi lagi tragedi kemanusiaan dalam sepak bola," jelasnya. 

Indro lantas menyitir pernyataan FIFA yang menyinggung soal tragedi Oktober 2022 yang merujuk pada Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 nyawa dan ratusan orang luka-luka. 

"Tragedi Kanjuruhan juga menjadi perhatian khusus bagi FIFA untuk melakukan transformasi sepak bola dan ini juga dinyatakan dalam surat pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah," jelasnya. 

"Sebagai ketua umum PSSI, Erick Thohir harus bisa meminta untuk kasus ini dibuka kembali setelah proses peradilan yang dijalankan dirasa jauh dari rasa keadilan bagi korban," tambahnya. 

Baca Juga: 3 Pernyataan Erick Thohir Usai FIFA Copot Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20: Janji Tegar

Kepercayaan Internasional



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x