Kompas TV nasional politik

Kecewa Indonesia Dicoret dari Tuan Rumah Piala Dunia U20, Politikus PDIP: Lobi PSSI Lemah

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 11:27 WIB
kecewa-indonesia-dicoret-dari-tuan-rumah-piala-dunia-u20-politikus-pdip-lobi-pssi-lemah
Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019) (Sumber: KOMPAS.com/Haryantipuspasari )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Politikus PDIP Hendrawan Supratikno menilai jajaran Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) tak bisa melobi FIFA, sehingga Indonesia dicoret sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. 

Ia menyebut, seharusnya organisasi sebesar PSSI bisa melakukan lobi secara baik, sehingga Indonesia tak dibatalkan dari penyelenggaraan perhelatan sepak bola tersebut.

Baca Juga: Jokowi Dinilai Harusnya Lebih Awal Antisipasi Ada Gubernur Tolak Israel, Berefek Pildun U20 Batal

"Kami menyayangkan pembatalan event besar tersebut. Lobi-lobi PSSI terasa lemah atau tumpul," kata Hendrawan seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (30/3/2023). 

Ia menjelaskan, partainya sejak Agustus 2022 lalu sudah mengingatkan pemerintah agar pertandingan Timnas Israel dalam Piala Dunia U20 tak dilaksanakan di wilayah Tanah Air. 

Dia mengatakan, alangkah baiknya apabila ketika Israel bertanding, pertandingannya dilakukan di luar negeri saja. 

"Padahal sudah lama, sejak Agustus 2022, kami mengingatkan konsekuensi keikutsertaan Israel." 

"Dari awal kami mengusulkan untuk pertandingan yang diikuti Israel dilakukan di luar negeri, negara tetangga, karena kita dalam posisi sebagai Ketua ASEAN," kata dia.

Seperti diketahui, FIFA resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Dalam pernyataan resmi badan pengatur sepak bola dunia, Rabu (29/3/2023), FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia setelah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," bunyi pernyataan tersebut.


 

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah."

"Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya."

Baca Juga: Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Hokky Caraka: Kalian Tidak Merasakan Kerja Kita!

"FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022."



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.